JUKNIS LOMBA PENELITIAN SISWA NASIONAL (LPSN) SMP/MTS TAHUN 2016 DULU BERNAMA LPIR

Posted by Komunitas Guru PKn on Wednesday, June 1, 2016

Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) Sekolah Menengah Pertama, sekarang telah berganti menjadi Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN). Berikut saya sharekan Petunjuk Teknis atau Juknis Lomba penelitian siswa nasional (LPSN) SMP/MTs/ sederajat tahun 2016.

Lomba penelitian siswa nasional (LPSN) SMP/MTs/ sederajat yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan SMP, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementererian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan suatu ajang kompetisi karya ilmiah yang berbasis kegiatan penelitian para siswa SMP/MTs/sederajat yang tergabung dalam Kelompok Ilmiah Remaja (KIR). Kegiatan LPSN ini merupakan salah satu updaya mewujudkan daya saing regional seperti yang tertuang dalam tema pembangunan pendidikan RPJMN 2015-2019, mewujudkan visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaaan tahun 2025 yang berupa menghasilkan insan indonesia cerdas dan berkarakter (insan kamil/insan paripurna), dan untuk memperkuat implementasi kurikulum 2013 yang telah dicanangkan Pemerintah guna meningkatkan mutu pendidikan nasional. Di samping itu kegiatan ini juga untuk memberikan ruang para siswa dalam KIR, guru dan sekolah untuk berperan dalam perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni ( IPTEKS ).




Dalam upaya berkelanjutan untuk meningkatkan luara dan hasil LPSN dari tahun ke tahun maka perlu diperkuat KIR sekolah dan KIR antar sekolah yang melibatkan guru pembimbing dan para pakar di bidang masing-masing.



Referensi kegiatan LPSN ini akan selalu mengacu kepada kegiatan kompetisi ilmiah remaja internasional ( Internasional Youth Science Competition ) sebagai barometer potensi remaja Indonesia dalam bidang sains.



Agar pelaksanaan LPSN tahun 2016 sebagaimana yang dimaksudkan di atas terselenggara dengan baik, maka disusun buku petunjuk pelaksanaan yang dapat digunakan menjadi pegangan  panitia, siswa, guru, dewan juri dan pihak terkait lainnya.

Berdasarkan Petunjuk Teknis atau Juknis Lomba penelitian siswa nasional (LPSN) SMP/MTs/ sederajat tahun 2016, Tujuan LPSN 2016
1.  Meningkatkan apresiasi siswa terhadap inovasi, invensi, dan daya cipta dalam IPTEKS.
2.   Menumbuhkan rasa ingin tahu para remaja melalui kegiatan penelitian.
3. Memperkuat ajang komunikasi ilmiah bagi Kelompok Ilmiah Remaja ( KIR ) sekolah dan KIR antarsekolah
4.  Menumbuhkembangkan suasana kompetitif yang sehat dalam kebersamaan.

5. Melatih para siswa KIR untuk mampu menyampaikan atau mengkomunikasi ide/gagasan cerdas dalam mimbar ilmiah.






Petunjuk Teknis atau Juknis Lomba penelitian siswa nasional (LPSN) SMP/MTs/ sederajat tahun 2016,  Hasil yang diharapkan dari kegiatan LPSN 2016
1. Terwujudnya suasana akademik yang kondusif di sekolah dan antar sekolah SMP/MTs/sederajat melalui peningkatan kreativitas, inovasi, invensi yang tergabung dalam KIR sekolah dan KIR antarsekolah.
2.Terpilihnya sejumlah karya ilmiah terbaik hasil penelitian ilmiah remaja dari tiga bidang ilmu, yaitu :



a.    Bidang Ilmu Sosial, Kemanusiaan dan Seni;



b.    Bidang Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan;



c.    Bidang Teknik dan Rekayasa.



Untuk melihat lebih lengkap mekanisme pelaksanaan dan informasi lainnya silahkan download di link dibawah ini :


Download Juknis lomba penelitian siswa nasional ( LPSN ) SMP/MTS/Sederajat Tahun 2016 (Klik disini)





= Info Terkait =


Blog, Updated at: 5:16 AM

1 comments:

--------------------------------

JADWAL IMSAKIYAH DAN JADWAL SHOLAT

--------------------------------

--------------------------------

--------------------------------

Cek Data Guru & SKTP 2015

--------------------------------

--------------------------------

Statistik Pengunjung

-----------------------------

Followers

CB