UJIAN NASIONAL 2015 DAN POS UN 2015

Posted by Komunitas Guru PKn on Monday, December 22, 2014



Hingga Desember pelaksanaan Ujian Nasional 2015 masih belum jelas pelaksanaannya. Hal ini membuat sekolah serta dinas kabupaten kota harap-harap cemas menunggu kejelasan Ujian Nasional 2015 mendatang. Padahal pelaksanaan Ujian Nasional tinggal 3 hingga 4 bulan lagi. Berbeda pada tahun-tahun sebelumnya akhir November petunjuk operasional sistem atau POS UN sudah turun ditingkat provinsi dan kabupaten kota, dan sudah ditindaklanjuti dengan sosialisasi ke sekolah-sekolah. Namun, hingga akhir Desember POS UN 2015 belum juga diterbitkan.

Terkait beredar informasi bahwa Mendikbud akan mengevaluasi UN dan mereposisi UN dengan dua kemungkinan menghapus pelaksanaan UN atau menjadikan UN bukan penentu kelulusan saya mencoba browsing untuk mencari tahu ada tidaknya Permendikbud tentang revisi Kriteria Kelulusan Peserta didik dari satuan Pendidikan dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah/Pendidikan Kesetaran dan Ujian Nasional yang saya kira revisi ini akan tertuang dalam Permendikbud Nomor 161 Tahun 2014. Namun sampai saat ini belum ada tanda-tanda dikeluarkannya Permendikbud Nomor 161 Tahun 2014 atau Permendikbud terkait Ujian Nasional UN 2015.

Untuk sekedar diketahui sebelumnya telah beredar  Permendikbud No 144 Tahun 2014 tentang Kriteria Kelulusan Peserta didik dari satuan Pendidikan dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah/Pendidikan Kesetaran dan Ujian Nasional. Namun karena ada informasi akan ada perubahan pelaksanaan dan reposisi UN sebagaimana yang dijanjikan Mendikbud Anies Baswedan semua pihak menunggu diterbitkan Permendikbud tentang UN yang baru.

Kementerian Kebudayaan dan Kebudayaan belum memutuskan apakah akan tetap menggelar Ujian Nasional tahun 2015 mendatang atau justru menghapusnya. Sebab hingga saat ini petunjuk operasional sistem atau POS UN 2015 masih belum jelas. Namun, meskipun pelaksanaan Ujian Nasional belum jelas pihaknya sekolah harus tetap mempersiapkan pelaksanaan Ujian Nasional seperti pendataan di data pokok pendidikan, dan verivikasi nominasi peserta Ujian Nasional.


Kita berharap Kemdikbud segera menentukan regulasi UN 2015. Karena dengan sisa waktu 3 bulan dikhawatirkan kekacauan Ujian Nasional tahun 2013 silam terulang. Ketika sebagian besar soal dan lembar jawaban komputer belum tuntas dicetak sehingga UN di sejumlah daerah harus ditunda. 

DOWNLOAD DRAF POS UN 2015 (klik disini)




Blog, Updated at: 8:06 PM

1 comments:

  1. Terima kasih draf UN 2015, kalau sudah disahkan tolong diapload lagi bersama Permendikbud versi baru.... tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik.

    ReplyDelete

--------------------------------

JADWAL IMSAKIYAH DAN JADWAL SHOLAT

--------------------------------

--------------------------------

--------------------------------

Cek Data Guru & SKTP 2015

--------------------------------

--------------------------------

Statistik Pengunjung

-----------------------------

Followers

CB