thumbnail

PETUNJUK TEKNIS PENGISIAN DATA PADA APLIKASI DAPODIKDAS 4.0.0

Posted by Komunitas Guru PKn on Friday, July 31, 2015

Sekedar memudahkan para OPS serta para kepala sekolah untuk memahami cara pengisian data pada aplikasi dapodikdas 4.0.0. Berikut ini saya rangkum juknis pengisian data pada aplikasi dapodikdas 4.0.0. Bagi Anda yang akan mendownload silahkan klik link download yang ada pada bagian akhir tulisan ini
Blog, Updated at: 9:37 PM
thumbnail

MENPAN AKAN MEMECAT TIDAK DENGAN HORMAT PNS YANG TERLIBAT PENIPUAN CPNS


Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB)  Yuddy Chrisnandi meminta pemerintah daerah, khususnya Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk proaktif mensosialisasikan kebijakan moratorium kepada masyarakat. hal itu diperlukan untuk mencegah terulangnya kasus penipuan terkait dengan pengadaan calon pegawai negeri sipil (CPNS).

"Pemerintah sudah memutuskan bahwa tidak ada penerimaan atau pengangkatan CPNS sepanjang tahun 2015. Pemerintah memberlakukan moratorium kepegawaian," ujar Menteri menjawab wartawan di Jakarta, (31/07),  terkait terbongkarnya aksi penipuan perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di kota Bandung.
Blog, Updated at: 9:36 AM
thumbnail

RAHASA DAN TEKNIK TARIKAN BENDERA PASKIBRAKA SELARAS DENGAN LAGU INDONESIA RAYA

Satu prosesi yang menjadi banyak pertanyaan masyarakat dalam upacara kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus adalah saat menaikkan dan menurunkan bendera. Pasalnya, tanpa melihat bendera di atas tiang, pengerek bendera mampu menyelesaikan prosesi, tepat ketika lagu Indonesia Raya selesai.

Ternyata, Paskibraka memiliki rumus dan cara tersendiri, agar seluruh prosesi itu bisa mencapai titik sempurna. Bahkan, ada buku khusus, yang disiapkan bagi para anggota Paskibraka sehingga bukan hanya orang tertentu, tapi seluruh pasukan, bisa menaikkan dan menurunkan bendera.
Blog, Updated at: 3:27 AM
thumbnail

MUI HARAMKAN BPJS KESEHATAN

Posted by Komunitas Guru PKn on Tuesday, July 28, 2015

Ijtima Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia V ini diselenggarakan di Pondok Pesantren AtTauhidiyah, Cikura, Tegal, Jawa Tengah pada 7-10 Juni 2015 menyatakan BPJS Kesehatan Saat Ini Hukumnya Haram. Oleh karena itu MUI mendorong pemerintah untuk membentuk, menyelenggarakan, dan melakukan pelayanan jaminan sosial berdasarkan prinsip syariah dan melakukan pelayanan prima.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa bahwa Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang dijalankan pemerintah ternyata tidak sesuai syariah alias haram.
Blog, Updated at: 8:22 AM
thumbnail

SE MENDIKBUD TENTANG PENCEGAHAN PRAKTIK PERPELONCOAN, PELECEHAN, DAN KEKERASAN PADA MOS ATAU MOPDB/MBPDB

Posted by Komunitas Guru PKn on Monday, July 27, 2015

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengeluarkan surat edaran untuk mencegah praktik perpeloncoan, pelecehan, dan kekerasan pada masa orientasi peserta didik baru di sekolah. Surat edaran dengan nomor 59389/MPK/PD/Tahun 2015 yang dikeluarkan pada 24 Juli 2015 tersebut ditujukan kepada Gubernur, Bupati, dan Walikota seluruh Indonesia.
Blog, Updated at: 7:32 AM
thumbnail

APLIKASI DAPODIKDAS VERSI 4.0.0 RILIS 30 JULI 2015

Untuk meningkatkan performa Aplikasi Data Pokok Pendidikan Dasar (Dapodikdas), Versi 4.0.0 akan segera dirilis pada tanggal 30 Juli 2015. Demikian disampaikan Supriyatno, Kepala Subagian Data dan Informasi, Bagian Perencanaan dan Penganggaran, Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Senin, 27 Juli 2015.

“Ini untuk peningkatan performa Dapodikdas, sehingga versi 3.0.3 diubah menjadi versi 4.0.0,” ujar Supriyatno di ruang Dapodikdas, lantai 5, Gedung E, Kompleks Kemendikbud, Senayan, Jakarta.
Blog, Updated at: 5:47 AM
thumbnail

SAMBUTAN MENDIKBUD PADA HARI PERTAMA SEKOLAH 2015/2016 YANG HARUS DIBACAKAN OLEH KEPALA SEKOLAH

Posted by Komunitas Guru PKn on Saturday, July 25, 2015



Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan Surat edaran Nomor : 59388/A./KR/2015 24 Juli 2015 tentang : Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Hari Pertama Sekolah yang harus dibaca oleh kepala sekolah pada masa orientasi siswa baru (MOS) atau Masa Bimbingan Peserta didik baru (MBPDB) atau Masa Orientasi Peserta didik baru (MOPDB) tahun pelajaran 2015/2016
Blog, Updated at: 9:13 PM
thumbnail

SURAT EDARAN MENPANRB NOMOR B/2355/M.PANRB/07/2015 TENTANG NETRALITAS ASN DAN LARANGAN PENGGUNAAN ASET PEMERINTAH DALAM PILKADA

Posted by Komunitas Guru PKn on Friday, July 24, 2015

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi telah menerbitkan Surat Edaran Menteri PANRB nomor B/2355/M.PANRB/07/2015 tanggal 22 Juli 2015 tentang Netralitas ASN dan Larangan Penggunaan Aset Pemerintah dalam Pemilihan Kepala Daerah Serentak. Surat edaran tersebut untuk mengingatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk bersikap netral dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) yang akan dilakukan pada bulan Desember 2015 mendatang..

Surat Edaran Menteri PANRB nomor B/2355/M.PANRB/07/2015 ini ditujukan kepada para Menteri Kabinet Kerja, Panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung, para Kepala Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), para Sekjen Lembaga Negara, para Pimpinan Kesekretariatan Lembaga Non Struktural, para Gubernur, Bupati, dan Walikota.
Blog, Updated at: 9:27 AM
thumbnail

GERAKAN PENUMBUHAN BUDI PEKERTI DAN KARAKTER BANGSA DI SEKOLAH

Posted by Komunitas Guru PKn on Thursday, July 23, 2015

Bersamaan dengan dimulainya tahun pelajaran 2015/2016, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mencanangkan “Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti” melalui serangkaian kegiatan non kurikuler. Kegiatan-kegiatan ini dilakukan dalam kegiatan harian dan periodik wajib maupun pilihan untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai dan karakter positif. 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan, ketika orangtua mengantarkan anaknya ke sekolah, maka saat itu pula terjadi penyerahan kepercayaan kepada guru dan sekolah untuk mendidik anaknya. Dan bagi sekolah, pendidikan juga bukan sekadar statistik semata. “Akan kita siapkan sekolah untuk juga menyambut orangtua,” kata Mendikbud beberapa waktu lalu, di Jakarta.
Blog, Updated at: 7:11 AM
thumbnail

GERAKAN PENUMBUHAN BUDI PEKERTI DAN KARAKTER BANGSA DI SEKOLAH

Bersamaan dengan dimulainya tahun pelajaran 2015/2016, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mencanangkan “Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti” melalui serangkaian kegiatan non kurikuler. Kegiatan-kegiatan ini dilakukan dalam kegiatan harian dan periodik wajib maupun pilihan untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai dan karakter positif. 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan, ketika orangtua mengantarkan anaknya ke sekolah, maka saat itu pula terjadi penyerahan kepercayaan kepada guru dan sekolah untuk mendidik anaknya. Dan bagi sekolah, pendidikan juga bukan sekadar statistik semata. “Akan kita siapkan sekolah untuk juga menyambut orangtua,” kata Mendikbud beberapa waktu lalu, di Jakarta.
Blog, Updated at: 7:10 AM
thumbnail

LOMBA GURU PKN SMP TINGKAT NASIONAL TAHUN 2015

Posted by Komunitas Guru PKn on Wednesday, July 15, 2015

Sharre dari blog Pendidikan Kewarganegaraan http://ainamulyana.blogspot.com /2015/07/ lomba-guru-ppkn-smp-tingkat.html. Untuk pertama kalinya, Kementerian pendidikan dan Kebudayaan akan menyelenggarakan Lomba  Guru Pendidikan   Pancasila   Dan Kewarganegaraan (PPKn) Sekolah Menengah Pertama / SMP tingkat Nasional tahun 2015.

Lomba Guru PPKN SMP Tingkat Nasional tahun 2015 dilatarbelakangi karena Guru  PPKn  SMP  memiliki peran yang  strategis sebagai ujung tombak pendidikan kesadaran berkonstitusi bagi  peserta   didik  pada tataran satuan pendidikan.  Oleh karena itu guru PPKn SMP dan peserta didik  sebagai komponen masyarakat dan warga negara, perlu ditingkatkan pengetahuan, pemahaman, penghayatan, dan pengamalan kesadaran berkonstitusinya dengan menjunjung tinggi  Pancasila dan  UUD NKRI Tahun 1945  sebagai  sumber dari segala hukum NKRI. 
Blog, Updated at: 11:30 AM
thumbnail

ATURAN BARU KEMENDIKBUD ORTU WAJIB MENGANTARKAN ANAKNYA DI HARI PERTAMA MASUK SEKOLAH

Posted by Komunitas Guru PKn on Tuesday, July 14, 2015

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengeluarkan aturan teknis yang sangat detil terkait hari pertama masuk sekolah pasca Lebaran. Seperti orangtua wajib mengantar anaknya ke sekolah di hari perdana. Tak tanggung – tanggung regulasi tersebut di tuangkan dalam Permendikbud 21/2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

Menurut Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Sumarna Surapranata mengatakan kewajiban orang tua mengantar anaknya ke sekolah di hari perdana tertuang dalam Permendikbud 21/2015. Permendikbud tersebut menurutnya sudah dijelaskan kepada seluruh jajaran dinas pendidikan tingkat provinsi, kabupaten, dan kota akhir pekan lalu. "Memang benar, orangtua wajib mengantarkan anaknya ke sekolah di hari pertama," kata pejabat yang akrab disapa Pranata itu kemarin.
Blog, Updated at: 7:49 AM
thumbnail

PETUNJUK TERBARU PAKAIAN SERAGAM PRAMUKA

Posted by Komunitas Guru PKn on Wednesday, July 8, 2015

Aturan Penyelenggaraan Pakaian Seragam Anggota Gerakan Pramuka Saat Ini Masih Didasarkan Pada  Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor: 174 Tahun 2012 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pakaian Seragam Anggota Gerakan Pramuka. Namun, aturan ini sengaja saya upload kembali karena masih banyak sekolah yang belum mengetahui aturan penggunaan pakaian seragam pramuka.

Berdasarkan Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor: 174 Tahun 2012, Seragam pramuka secara umum dibagi menjadi Pakaian Seragam Harian, Pakaian Seragam Kegiatan, Pakaian Seragam Upacara dan Pakaian Seragam Khusus adalah pakaian yang dikenakan secara khusus
Blog, Updated at: 10:15 AM
thumbnail

PENCAIRAN TUNJANGAN PROFESI GURU NON PNS TRIWULAN 2 TAHUN 2015 DIPERCEPAT

Posted by Komunitas Guru PKn on Tuesday, July 7, 2015

Pencairan Tunjangan profesi guru (TPG) guru NonPNS untuk triwulan 2 bulan April-Juni tahun ini dipercepat. Semula pencairan TPG guru NonPNS dijadwalkan pada 9-14 Juli, tetapi sudah disalurkan pada 30 Juni lalu. Adapun jumlah guru NonPNS yang menerima TPG sebanyak 50.462 orang.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Sumarna Surapranata mengatakan, ada dua mekanisme pencairan TPG. Untuk guru pendidikan dasar langsung masuk ke rekening guru, sedangkan untuk guru pendidikan menengah melalui bank penampung. “Dua-duanya sudah masuk ke rekening guru,” katanya saat memberikan keterangan pers di Kemendikbud, Jakarta, Selasa (7/7/2015).
Blog, Updated at: 4:23 AM
thumbnail

TUNJANGAN HARI RAYA ATAU THR TAHUN 2015

Posted by Komunitas Guru PKn on Sunday, July 5, 2015

Surat Edaran Menaker No  7/MEN/VI/2015  tentang Pembayaran Tunjangan Hari Raya atau THR Keagamaan dan Himbauan Mudik Lebaran Bersama tahun 2015 disebutkan bahwa pembayaran Tunjangan Hari Raya atau THR merupakan kewajiban pengusaha kepada pekerja/buruh. Pembayaran THR ini wajib dilaksanakan secara konsisten dan tepat waktu sesuai Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. PER.04/MEN/1994 tentang Tunjangan Hari Raya atau THR Keagamaan bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.
Blog, Updated at: 3:49 AM
thumbnail

CONTOH UCAPAN SELAMA HARI RAYA IDUL FITRI

Posted by Komunitas Guru PKn on Thursday, July 2, 2015

Hari raya Idul Fitri merupakan puncak dari pelaksanaan ibadah puasa. Idul Fitri memiliki makna yang berkaitan erat dengan tujuan yang akan dicapai dari kewajiban berpuasa itu sendiri yaitu manusia yang bertaqwa. Kata Id berdasar dari akar kata aada – yauudu yang artinya kembali sedangkan fitri bisa berarti buka puasa untuk makan dan bisa berarti suci. Adapun fitri yang berarti buka puasa berdasarkan akar kata ifthar (sighat mashdar dari aftharo – yufthiru) dan berdasar hadis Rasulullah SAWyang artinya :”Dari Anas bin Malik: Tak sekali pun Nabi Muhammad SAW. Pergi (untuk shalat) pada hari raya Idul Fitri tanpa makan beberapa kurma sebelumnya." Dalam Riwayat lain: "Nabi SAW. Makan kurma dalam jumlah ganjil." (HR Bukhari).
Blog, Updated at: 11:22 PM
thumbnail

SE MENPAN TENTANG PENUNDAAN PENERIMAAN CPNS HINGGA TAHUN 2016

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi telah mengeluarkan Surat Edaran SE MENPANRB nomor B/2163/M.PAN-RB/06/2015 tanggal 30 Juni 2015.tentang Penundaan Penambahan Pegawai ASN (CPNS) tahun 2015
Blog, Updated at: 2:06 PM
thumbnail

PENGUMUMAN BKN TENTANG SURAT PEMANGGILAN PESERTA CPNS

Berikut ini pengumuman BKN terkait telah banyak beredar surat yang mengatasnamakan Panita Palselnas Bima Hiwibisana Nomor. B/1382/BKN-PANSELNAS/2015 tanggal 13 Mei 2015 dan Nomor: B/1382/BKN-PANSELNAS/2015 tanggal 15 Mei 2015 perihaI Pemanggiian Peserta CPNS berdasarkan kebijakan Pengadaan PNS TA 2014-2015
Blog, Updated at: 10:06 AM
thumbnail

CARA CEK KEASLIAN IJAZAH SECARA ONLINE

Posted by Komunitas Guru PKn on Wednesday, July 1, 2015

Tahu Anda ternyata Dirjen DIKTI telah menyediakan Portal Pangkalan Data Pendidikan Tinggi yang dapat digunakan untuk cek keaslian ijazah secara online. Sering kita ingin mengetahui atau sekedar iseng ingin tahu apakah ijazah yang kita miliki terdapat atau tidak di Perguruan Tinggi, karena tidak sedikit lulusan atau mahasiswa terutama dari PTS terkadang tidak terdaptar di Di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.  Pengecekan status mahasiswa di Portal ini bisa untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) baik jenjang Diploma, Strata 1 (S1), Strata 2 (S2), dan Strata 3 (S3).
Blog, Updated at: 10:00 AM

-------------------------------------

-------------------------------------

---------------------------------------

Statistik Pengunjung

Followers

CB