thumbnail

MK: CALON KEPALA DESA TIDAK TERBATASI DOMISILI

Posted by Komunitas Guru PKn on Wednesday, August 31, 2016

Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan sebagian pengujian Pasal 33 huruf g dan Pasal 50 ayat (1) huruf c Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa (UU Desa) terkait aturan domisili bagi calon kepala desa. Putusan dengan Nomor 128/PUU-XIII/2015 tersebut diucapkan Ketua MK Arief Hidayat didampingi delapan hakim konstitusi lainnya.
Blog, Updated at: 3:07 AM
thumbnail

KI DAN KD PPKN SMP / MTS KURIKULUM 2013 REVISI 2016 SESUAI PERMENDIKBUD 24 TAHUN 2016

Posted by Komunitas Guru PKn on Sunday, August 28, 2016

Berikut KI (Kompetensi Inti)  dan KD (Kompetensi Dasar)  Mata Pelajaran PPKN Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 Sesuai Permendikbud 24 Tahun 2016. Posting ini terbagi 3 bagian 1) KI (Kompetensi Inti) dan KD (Kompetensi Dasar)  Mata Pelajaran PPKN Kurikulum 2013 Kelas 7 (VII), 2) KI (Kompetensi Inti) dan KD (Kompetensi Dasar)  Mata Pelajaran PPKN Kurikulum 2013 Kelas 8 (VIII) dan 3) KI (Kom petensi Inti)  dan KD (Kompetensi Dasar)  Mata Pelajaran PPKN Kurikulum 2013 Kelas 9 (IX)
Blog, Updated at: 7:56 AM
thumbnail

MATERI PPKN SMP/MTS KELAS IX KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2016

Posted by Komunitas Guru PKn on Friday, August 26, 2016

Berikut ini materi PPKN SMP/MTs Kelas 9 (IX) Berdasarkan  Kurikulum 2013 Sesuai Revisi KI dan KD berdasarkan Permendikbud No 24 Tahun 2016
Blog, Updated at: 9:16 PM
thumbnail

BENTUK DAN KEDAULATAN NEGARA SESUAI UUD 1945

Pengertian Kedaulatan
Kedaulatan berasal dari kata "daulat" daulat dalam bahasa Arab artinya "kekuasaan atau dinasti pemerintahan".
Blog, Updated at: 8:42 PM
thumbnail

SEMANGAT DAN KOMITMEN KOLEKTIF KEBANGSAAN UNTUK MEMPERKUAT NKRI

A. Pengertian / Hakekat Semangat Kebangsaan
Pengertian semangat  kebangsaan adalah suatu keadaan yang menunjukkan adanya kesadaran untuk menyerahkan kesetiaan tertinggi dari setiap pribadi kepada Negara/bangsa. Pengertian ini sejalan dengan makna semangat kebangsaan  yang identik dengan konsep nasionalisme dan patriotisme. Nasionalisme adalah suatu paham yang menganggap bahwa kesetiaan tertinggi atas setiap pribadi wajib diserahkan kepada negara kebangsaan atau nation state. Sedangkan Patriotisme berarti ‘semangat cinta tanah air atau sikap seseorang yang bersedia mengorbankan segala-galanya untuk mempertahankan bangsanya’.
Blog, Updated at: 10:21 AM
thumbnail

ISI ALINEA DAN POKOK PIKIRAN PEMBUKAAN UUD1945

Posted by Komunitas Guru PKn on Thursday, August 25, 2016

A. Isi Alinea Pembukaan UUD1945

Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 berisi tentang perjuangan bangsa Indonesia untuk memperoleh kemerdekaan dari penjajah yang tidak sesuai dengan kemanusiaan dan keadilan.
Blog, Updated at: 11:53 AM
thumbnail

PENERAPAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA DAN PANDANGAN HIDUP BANGSA

Materi ini sebagai pengantar bagi siswa untuk mampu membandingkan antara peristiwa dan dinamika yang  terjadi di masyarakat dengan praktik ideal Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa (3.1), serta mampu merancang dan melakukan penelitian sederhana tentang peristiwa dan dinamika yang terjadi di masyarakat terkait penerapan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa (4.1)
Blog, Updated at: 6:46 AM
thumbnail

NILAI DAN SEMANGAT SUMPAH PEMUDA TAHUN 1928 DALAM BINGKAI BHINNEKA TUNGGAL IKA

Posted by Komunitas Guru PKn on Wednesday, August 24, 2016

A. Sejarah Sumpah Pemuda
Sumpah Pemuda merupakan intisari dari isi putusan kerapatan pemuda-pemudi Indonesia atau yang dikenal dengan Kongres Pemuda l dan Kongres Pemuda II. Melalui hasil kongres itulah kita bisa mengenal istilah satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa, yakni Indonesia yang kemudian dikenal dengan nama Sumpah Pemuda. 
Blog, Updated at: 5:40 PM
thumbnail

MAKNA DAN ARTI KEBANGKITAN NASIONAL 1908 DALAM PERJUANGAN KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONSIA

Posted by Komunitas Guru PKn on Tuesday, August 23, 2016

Tahukah kamu Nama sangga Pramuka Penegak?  Nama Sangga yang dipakai Pramuka Penegak adalah Perintis, Pencoba, Pendobrak, Penegas, dan Pelaksana. Penamaan tersebut tidak asal tetapi memiliki keterkaitan dengan perkembangan nasionalisme di Indonesia. Dalam perkembangannya ada 5 tahapan nasionalisme di Indonesia yakni masa perintis (sebelum tahun 1908); masa penegas (tahun 1928); masa pencoba (1938); masa pencoba (1945) dan masa pelaksana (1945 sampai dengan sekarang).
Blog, Updated at: 5:43 PM
thumbnail

MATERI PPKN KELAS 8 SMP/MTS SESUAI KURIKULUM 2013 REVISI 2016

Berikut ini materi PPKN SMP/MTs Kelas 8  Kurikulum 2013 Sesuai Revisi KI dan KD berdasarkan Permendikbud No 24 Tahun 2016
Blog, Updated at: 7:55 AM
thumbnail

TATA URUTAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN DALAM SISTEM HUKUM NASIONAL NASIONAL DI INDONESIA

A.  Makna Peraturan Perundang-undangan Nasional

Peraturan perundangan-undangan berbeda dengan Undang-Undang, karena Undang-Undang hanya merupakan salah satu bagian dari peraturan perundang-undangan. Peraturan Peundang-Undangan itu sendiri adalah semua pertauran tertulis yang dibentuk dengan cara-cara tertentu oleh pejabat yang berwenang dan dituangkan dalam bentuk tertulis.
Blog, Updated at: 6:50 AM
thumbnail

MAKNA, KEDUDUKAN DAN FUNGSI UUD TAHUN 1945, SERTA PERATUAN PERUNDANGAN-UNDANGAN LAINNYA DALAM SISTEM HUKUM NASIONAL

Posted by Komunitas Guru PKn on Monday, August 22, 2016

A. MAKNA UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945

Masih ingatkah kamu hasil sidang PPKI pada  tanggal 18 Agustus 1945. Sebagaimana yang telah kita pelajari,  PPKI melaksanakan sidang pada  tanggal 18 Agustus 1945 yang menghasilkan keputusan: 1) Menetapkan UUD 1945; 2) Memilih  Presiden  dan  Wakil  Presiden,  yaitu Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta; dan 3. Membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat.
Blog, Updated at: 10:42 AM
thumbnail

PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA DAN PANDANGAN HIDUP BANGSA

Posted by Komunitas Guru PKn on Sunday, August 21, 2016

Masih ingatkah sejarah perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara? Jika belum silahkan Kamu baca lagi materi tersebut yang pernah kamu pelajari di kelas VII (lihat disini). Sekarang saat kita akan mempelajari Makna Pancasila Sebagai Dasar Negara Dan Pandangan Hidup Bangsa.
Blog, Updated at: 9:56 AM
thumbnail

MATERI PPKN KELAS 7 SMP/MTS KURIKULUM 2013

Posted by Komunitas Guru PKn on Saturday, August 20, 2016







Bab 1 Perumusan dan Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara (Klik Disini)












Bab 2 Norma dan Keadilan (Klik Disini)











Bab 3 Perumusan dan Pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (Klik Disini)










Bab 4 Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika (Klik Disini)











Bab 5 Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan (Klik Disini)










Bab 6 Daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (Klik Disini)












= Baca Juga =



Blog, Updated at: 11:52 PM
thumbnail

DAERAH DALAM KERANGKA NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA

A.  Daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia

1. Memaknai Daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia
Blog, Updated at: 1:10 PM
thumbnail

KERJASAMA DALAM BERBAGAI BIDANG KEHIDUPAN

Posted by Komunitas Guru PKn on Friday, August 19, 2016

A.  Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan
Kerja sama merupakan salah satu fitrah manusia sebagai mahluk sosial. Kerja sama memiliki dimensi yang sangat luas dalam kehidupan manusia, baik terkait tujuan positif maupun negatif.  Dalam hal apa, bagaima- na, kapan dan di mana seseorang harus bekerjasama dengan orang lain tergantung pada kompleksitas dan tingkat kemajuan peradaban orang terse- but. Semakin modern seseorang, maka ia akan  semakin banyak bekerja sama dengan orang lain, bahkan seakan tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu tentunya dengan bantuan perangkat teknologi yang modern pula.
Blog, Updated at: 8:50 PM
thumbnail

PERUMUSAN DAN PENETAPAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA

A.  Pengertian Dasar  Negara  dan Pancasila sebagai Dasar  Negara 

Dasar  negara  adalah  landasan  kehidupan  berbangsa  dan  bernegara  yang keberadaannya  wajib  dimiliki  oleh  setiap  negara  dalam  setiap  detail  kehidupannya. Dasar  negara  bagi  suatu  negara  merupakan  suatu  dasar  untuk  mengatur  semua penyelenggaraan yang terbentuk dalam sebuah  negara. Negara tanpa dasar negara berarti  negara  tersebut  tidak  memiliki  pedoman  dalam  penyelenggaraan  kehidupan bernegara,  maka  akibatnya  negara  tersebut  tidak  memiliki  arah  dan  tujuan  yang jelas, sehingga memudahkan munculnya kekacauan. Dasar negara sebagai pedoman hidup bernegara mencakup norma bernegara, cita-cita negara, dan tujuan negara.
Blog, Updated at: 6:40 AM
thumbnail

NORMA DAN KEADILAN

Apa yang dimaksud norma ? Salah satu pengertian norma adalah ketentuan yang mengatur tingkah laku manusia dalam masyarakat. Ketentuan tersebut mengikat bagi setiap manusia yang hidup dalam lingkungan berlakunya norma tersebut, dalam arti setiap orang yang hidup dalam lingkungan berlakunya norma tersebut harus menaatinya.
Blog, Updated at: 6:38 AM
thumbnail

PERUMUSAN DAN PENGESAHAN UUD 1945

Untuk memahami UUD mari kita pahami terlebih dahulu istlah Konstitusi. Konstitusi berasal dari bahasa Prancis “Constituere” yang artinya membentuk. Pemakaian istilah konstitusi dimaksud sebagai pembentukan atau penyusunan suatu negara.
Blog, Updated at: 6:37 AM
thumbnail

KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA

Indonesia merupakan negara kepulauan yang penuh dengan kekayaan serta keragaman budaya, ras, suku bangsa, kepercayaan, agama, bahasa daerah, dan masih banyak lainnya. Meskipun penuh dengan keragaman budaya, Indonesia tetap satu sesuai dengan semboyan nya, Bhineka Tunggal Ika yang artinya "meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu jua". Keragaman budaya turut serta didukung oleh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terpisah wilayah-wilayahnya oleh lautan. 
Blog, Updated at: 6:34 AM
thumbnail

RESMI PENDAFTARAN CPNS / CASN GURU GARIS DEPAN (GGD) TAHUN 2016 DIBUKA

Posted by Komunitas Guru PKn on Sunday, August 14, 2016

Kementerian Pendidikan telah mengularkan pengumuman resmi terkait Pendaftaraan dan Penerimaan CPNS / CASN Guru Garis Depan GGD tahun 2016. Pengumuan resmi tersebut tertuang dalam Pengumuman Nomor : 30660/A3/Kp/2016 Tentang Penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Guru Garis Depan (GGD) Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2016
Blog, Updated at: 11:09 AM

--------------------------------

JADWAL IMSAKIYAH DAN JADWAL SHOLAT

--------------------------------

--------------------------------

--------------------------------

--------------------------------

--------------------------------

Statistik Pengunjung

-----------------------------

Followers

CB