INI ALASAN 2 OKTOBER DITETAPKAN SEBAGAI HARI BATIK NASIONAL

Sebagaimana diketahui hari batik nasional ditetapkan tanggal 2 Oktober. Dengan demikian pada tanggal 2 Oktober nanti kita akan memperingati hari Batik Nasional. Lalu, Mengapa Tanggal 2 Oktober Ditetapkan Sebagai Hari Batik Nasional? Ini didasarkan fakta sejarah bahwa pada tanggal 2 Oktober 2009 badan PBB untuk kebudayaan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organisation (UNESCO) menetapkan batik sebagai warisan budaya milik Indonesia. Hari yang dinanti-nantikan oleh seluruh penduduk ini pun dijadikan sebagai hari batik nasional.

Proses pengukuhan batik Indonesia cukup panjang. Berawal pada 3 September 2008 yang kemudian diterima secara resmi oleh UNESCO pada tanggal 9 Januari 2009. Tahap selanjutnya adalah pengujian tertutup oleh UNESCO di Paris pada tanggal 11 hingga 14 Mei 2009. Baru pada tanggal 2 Oktober 2009, menetapkan batik merupakan warisan budaya milik Indonesia sebagai warisan Kemanusiaan untuk budaya Lisan dan nonbendawi (Masterpieces of the oral and intangible Heritage of Humanity). Pengakuan internasional mebuat bangsa Indonesia bangga akan budaya batik dan tetap melestarikan keberadaan batik dengan semakin luas di Nusantara. Itulah sebabnya Tanggal 2 Oktober Ditetapkan Sebagai Hari Batik Nasional.  

Dalam rangka peringatan hari batik nasional tanggal 2 Oktober ayo kita lestarikan budaya batik. Diperlukan kesadaran untuk melestarikan budaya batik ini, diantaranya dengan cara menanamkan kecintaan terhadap batik kepada anak, generasi muda dan masyarakat di sekitar kita. Anak-anak adalah generasi penerus bangsa kita di masa yang akan datang. Agar mereka tumbuh menjadi pribadi yang tidak melupakan budaya bangsanya, tentu kita bertanggung jawab untuk menanamkan rasa cinta terhadap batik kepada mereka sedari dini. Misalnya dengan membuat dan memakai batik sarimbit untuk seluruh anggota keluarga yang dapat dipakai secara bersamaan pada acara-acara resmi tertentu, atau kita sesekali memberi atau menjadikan batik sebagai oleh-oleh atau bingkisan, dan lainnya.

Berikut Ini Beragam Contoh Batik Nusantara

Batik Pandeglang 

Batik Baduy 

Batik Banten



Batik Yogyakarta



Batik Solo

Batik Pekalongan


Batik Cirebon


Batik Indramayu


Batik Madura


Batik Tegal


Batik Tuban

Batik Banyumas


Batik Purwokerto


Batik Betawi


Batik Kalimantan

Batik Papua




Selama hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober, selama mewariskan budaya bangsa. Wilujeung…………..

Sumber: http://ainamulyana.blogspot.com/2017/10/mengapa-2-oktober-ditetapkan-sebagai.html







= Baca Juga =



Related : INI ALASAN 2 OKTOBER DITETAPKAN SEBAGAI HARI BATIK NASIONAL

0 Komentar untuk "INI ALASAN 2 OKTOBER DITETAPKAN SEBAGAI HARI BATIK NASIONAL"