Breaking

Saturday, August 2, 2014

RPP PPKN SMP KELAS 8 KURIKULUM 2013 TOPIK/TEMA MENJELAJAH MASYARAKAT INDONESIA



SATUAN PENDIDIKAN       : SMPN 3 SAKETI
MATA PELA­JARAN              : PPKn         
KELAS / SEMESTER           : VIII/1
JUMLAH PERTEMUAN       : 4 Pertemuan (@120 Menit)
TOPIK/TEMA                          : MENJELAJAH MASYARAKAT INDONESIA


RPP PPKN SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 by Aina Mulyana@
A. KOMPETENSI INTI (KI)
1.    Menghargai dan menghayati  ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

RPP PPKN SMP Kelas VIII Kurikulum 2013 by Aina Mulyana@
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
1.1  Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan sekolah, masyarakat, bangsa, dan  negara
1.3      Menghargai sikap kebersamaan dalam keberagaman masyarakat sekitar
1.4  Memahami norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia
1.5  Menalar hasil telaah norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia
4.9      Menyaji bentuk partisipasi kewarganegaraan yang mencerminkan komitmenterhadap keutuhan nasional.

RPP PPKN SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 by Aina Mulyana@
C.   INDIKATOR
3.4.1        Mengidentifikasi berbagai norma antardaerah di Indonesia
3.4.2        Mengidentifikasi berbagai kebiasaan antardaerah di Indonesia
3.4.3        Menjelaskan arti penting keberagaman  norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia
3.4.4        Mengidentifikasi perilaku menghargai keberagaman norma dan kebiasaan di lingkungan sekolah dan masyarakat

4.4.1  Menunjukkan keterampilan mengamati tentang norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia
4.4.2  Menunjukkan keterampilan menanya tentang  norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia
4.4.3        Menyusun laporan hasil telaah tentang  norma dan kebiasaan antardearah di Indonesia
4.4.4        Menyusun gagasan tentang pelestarian  norma dan kebiasaan antardearah di Indonesia
4.4.5  Menyajikan laporan hasil telaah dan gagasan tentang norma dan kebiasaan antardearah di Indonesia
4.9.4        Mencoba praktik kewarganegaraan tentang norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia

RPP PPKN SMP Kelas VIII Kurikulum 2013 by Aina Mulyana@
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
a.    Menjelaskan norma yang berlaku di berbagai daerah di Indonesia
b.    Mengidentifikasi perbedaan norma antardaerah di Indonesia
c.    Mengidentifikasi persamaan norma antardaerah di Indonesia
d.    Menyusun hasil telaah tentang norma antardaerah di Indonesia
e.    Menyajikan hasil telaah tentang norma antardaerah di Indonesia
f.     Menyajikan simulasi norma antardaerah di Indonesia

Pertemuan 2
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
a.    Menjelaskan kebiasaan antardaerah di Indonesia
b.    Mengidentifikasi perbedaan kebiasaan antardaerah di Indonesia
c.    Mengidentifikasi persamaan kebiasaan antardaerah di Indonesia
d.    Menyusun hasil telaah tentang kebiasaan antardaerah di Indonesia
e.    Menyajikan hasil telaah tentang kebiasaan antardaerah di Indonesia

Pertemuan 3
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
a.    Menjelaskan arti penting keberagaman  norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia bagi diri sendiri
b.    Menjelaskan arti penting keberagaman  norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia bagi masyarakat
c.    Mengidentifikasi sikap menghargai keberagaman norma dan kebiasaan di berbagai lingkungan kehidupan
d.    Menjelaskan manfaat sikap menghargai keberagaman norma dan kebiasaan di berbagai lingkungan kehidupan
e.    Mengidentifikasi akibat sikap tidak menghargai keberagaman  norma dan kebiasaan di berbagai lingkungan kehidupan

Pertemuan 4
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
a.    Mengindentifikasi sikap menghargai norma dan kebiasaan dalam berbagai lingkugan.
b.    Menjelaskan upaya untuk meningkatkan sikap menghargai  norma dan kebiasaan dalam  berbagai lingkungan
c.    Menyusun gagasan upaya melestarikan  norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia.
d.    Menyajikan gagasan bertema melestarikan  norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia.

RPP PPKN SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 by Aina Mulyana@
D. MATERI PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
·         NORMA ANTARDAERAH DI INDONESIA
Pertemuan 2
·         KEBIASAAN ANTARDAERAH DI INDONESIA
Pertemuan 3
·         ARTI PENTING NORMA DAN KEBIASAAN ANTARDAERAH DI INDONESIA
Pertemuan 4
·         SIKAP MENHARGAI NORMA DAN KEBIASAAN ANTARDAERAH DI INDONESIA

RPP PPKN SMP Kelas VIII Kurikulum 2013 by Aina Mulyana@
E. METODE PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
·         Inquiry Learning
·         Diskusi
Pertemuan 2
·         Inquiry Learning
·         Diskusi
Pertemuan 3
·         Problem Base Learning
·         Diskusi
Pertemuan 4
·         Problem Base Learning
·         Diskusi

RPP PPKN SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 by Aina Mulyana@
F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
1. Kegiatan Awal
a.    Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, mengecek kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar. Secara khusus meminta peserta didik membuka buku teks yang memuat materi Bab IV bagian A sub 1 tentang  norma antar daerah di Indonesia di halaman 68
b.    Guru memberi motivasi melalui bernyanyi lagu daerah, bermain, atau bentuk lain sesuai kondisi sekolah
c.    Guru melakukan apersepsi  melalui tanya jawab mengenai  norma yang telah dipelajari di kelas VII dan berbagai bentuk  norma dalam masyarakat, serta gambar 4.1
d.    Guru menyampaikan  kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
e.    Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
f.     Guru menjelaskan materi pokok dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.

2. Kegiatan Inti
·         Mengamati
a.    Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok, dengan jumlah anggota yang seimbang. Apabila memungkinkan kelompok dibentuk berdasarkan asal daerah peserta didik. Ini bertujuan untuk memudahkan dalam mempelajari norma sesuai daerah peserta didik. Sehingga setiap kelompok memiliki tema norma yang berbeda daerahnya.
b.    Guru meminta peserta didik membaca wacana dan gambar 4.2 di halaman 70 tentang kerukunan masyaraka. Kemudian guru dapat menambahkan penjelasan tentang wacana dan gambar tersebut dengan berbagai fakta terbaru yang berhubungan dengan keragaman  norma antardaerah di lingkungan peserta didik.
·         Menanya
a.    Guru meminta peserta didik secara kelompok mengidentifikasi pertanyaan yang ingin diketahui tentang  norma yang berlaku di daerah masing-masing atau tugas kelompoknya.
b.    Guru dapat membimbing pertanyaan peserta didik sesuai tujuan pembelajaran. Pertanyaan kelompok dapat ditulis dengan mengisi tabel 4.1.
·         Mengumpulkan Informasi
a.    Guru membimbing peserta didik secara kelompok untuk mencari informasi untuk menjawab pertanyaan yang sudah disusun, dengan membaca uraian materi bagian A Bab IV tentang norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia.
b.    Peserta melakukan pengamatan dan wawancara berbagi  norma dalam masyarakat untuk menjawab Aktivitas 4.1 di halaman 74.
c.    Guru memfasilitasi peserta didik dengan sumber belajar lain seperti buku penunjang atau internet.
d.    Guru juga dapat menjadi nara sumber atas pertanyaan peserta didik di kelompok
·         Mengasosiasi
a.    Guru membimbing kelompok untuk menghubungkan informasi yang diperoleh untuk menyimpulkan tentang norma antardaerah di Indonesia.
b.    Guru membimbing kelompok dalam langkah ini, seperti membantu mengambil kesimpulan berdasarkan informasi
·         Mengomunikasikan
a.    Guru membimbing peserta didik menyusun laporan hasil telaah tentang norma antardaerah di Indonesia. Laporan dapat berupa displai, bahan tayang, maupun dalam bentuk kertas lembaran. Juga membimbing untuk mempersiapkan simulasi tentang norma antardaerah di Indonesia.
b. Guru membimbing setiap kelompok untuk menyajikan hasil telaah di depan kelas. Kegiatan penyajian dapat setiap kelompok secara bergantian di depan kelas. Atau melalui memajang hasil telaah (displai) di dinding kelas dan kelompok lain saling mengunjungi dan memberikan komentar atas hasil telaah kelompok lain. Guru dapat juga melakukan bentuk penyajian sesuai kondisi sekolah.
c.    Peserta didik secara kelompok mensimulasikan  norma sesuai daerah tugas kelompoknya, seperti simulasi tata cara bertamu, saat bertemu orang lain, meminta ijin kepada guru, dan sebagainya.

3. Kegiatan Akhir
a.    Guru membimbing peserta didik menyimpulkan   materi pembelajaran
b.    Guru melakukan refl eksi pembelajaran melalui berbagai cara seperi tanya jawab tentang apa yang sudah dipelajari, apa manfaat pembelajaran, apa perubahan sikap yang perlu dilakukan.
c.    Guru melaukan tes secara tertulis atau lisan untuk menilai pengetahuan peserta didik. Guru dapat menggunakan soal Uji Kompetensi 4.1 di halaman 84 atau membuat soal sesuai tujuan pembelajaran.
d.    Guru menjelaskan kegiatan pertemuan berikutnya dan memberikan tugas mempelajari materi kebiasaan antardaerah atau memberikan pekerjaan rumah lain

Pertemuan 2
1. Kegiatan Awal
a.    Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, mengecek kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan  sumber belajar. Secara khusus meminta peserta didik membuka buku teks halaman 68 yang memuat materi Bab bagian A sub 1 tentang norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia.
b.    Guru memberi motivasi melalui bernyanyi lagu daerah, bermain, atau bentuk lain sesuai kondisi sekolah.
c.    Guru melakukan apersepsi  melalui tanya jawab mengenai norma antardaerah di Indonesia dan kebiasaan dalam masyarakat.
d.    Guru menyampaikan  kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
e.    Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
f.     Guru menjelaskan materi pokok dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.

2. Kegiatan Inti
·         Mengamati
a.    Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok, dengan jumlah anggota yang seimbang. Apabila memungkinkan kelompok dibentuk berdasarkan asal daerah peserta didik. Ini bertujuan untuk memudahkan dalam mempelajari kebiasaan sesuai daerah peserta didik. Atau membagi kelompok sesuai daerah di buku teks. Sehingga setiap kelompok memiliki tema kebiasaan dari daerah yang berbeda.
b.    Guru meminta peserta didik mengamati gambar berbagai adat kebiasaan sesuai suku bangsa di Indonesia. Kemudian guru dapat menambahkan penjelasan tentang gambar tersebut dengan berbagai kebiasaan yang ada di lingkungan peserta didik
·         Menanya
a.    Guru meminta peserta didik secara kelompok mengidentifikasi pertanyaan yang ingin diketahui tentang kebiasaan yang berlaku di daerah masing-masing atau tugas kelompoknya.
b.    Guru dapat membimbing pertanyaan peserta didik sesuai tujuan pembelajaran. Pertanyaan kelompok dapat ditulis seperti tabel 4.1
·         Mengumpulkan Informasi
a.    Guru membimbing peserta didik secara kelompok untuk mencari informasi untuk menjawab pertanyaan yang sudah disusun, dan mengerjakan Aktivitas 4.2 di halaman 77 dengan membaca uraian materi bagian A Bab IV tentang norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia.
b.    Guru memfasilitasi peserta didik dengan sumber belajar lain seperti buku penunjang atau internet.
c.    Guru juga dapat menjadi nara sumber atas pertanyaan peserta didik di kelompok
·         Mengasosiasi
a.    Guru membimbing kelompok untuk menghubungkan informasi yang diperoleh untuk menyimpulkan tentang kebiasaan antardaerah di Indonesia.
b.    Guru membimbing kelompok dalam langkah ini, seperti membantu mengambil kesimpulan berdasarkan informasi
·         Mengomunikasikan
a.    Guru membimbing peserta didik menyusun laporan hasil telaah tentang kebiasaan antardaerah di Indonesia. Laporan dapat berupa displai, bahan tayang, maupun dalam bentuk kertas lembaran.
b.    Guru membimbing setiap kelompok untuk menyajikan hasil telaah di kelas. Kegiatan penyajian dapat setiap kelompok secara bergantian di depan kelas. Atau melalui memajang hasil telaah (displai) di dinding kelas dan kelompok lain saling mengunjungi dan memberikan komentar atas hasil telaah kelompok lain. Guru dapat juga melakukan bentuk penyajian sesuai kondisi sekolah

3. Kegiatan Akhir
a.    Guru membimbing peserta didik menyimpulkan   materi pembelajaran
b.    Guru melakukan refleksi pembelajaran melalui berbagai cara seperi tanya jawab tentang apa yang sudah dipelajari, apa manfaat pembelajaran, apa perubahan sikap yang perlu dilakukan.
c.    Guru melaukan tes secara tertulis atau lisan untuk menilai pengetahuan peserta didik. Guru dapat menggunakan soal Uji Kompetensi 4.2 di halaman 84 atau membuat soal sesuai tujuan pembelajaran.
d.    Guru menjelaskan kegiatan minggu berikutnya dan memberikan tugas  seperti mempelejari materi tentang arti penting keberagaman  norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia.

Pertemuan 3
1. Kegiatan Awal
a.    Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan berdoa, mengecek kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan  sumber belajar. Secara khusus meminta peserta didik membuka buku teks yang memuat materi Bab IV bagian B tentang arti penting keberagaman  norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia di halaman 79.
b.    Guru memberi motivasi melalui bernyanyi lagu daerah, bermain, atau bentuk lain sesuai kondisi sekolah
c.    Guru melakukan apersepsi  melalui tanya jawab mengenai norma dan kebiasaan  antardaerah di Indonesia.
d.    Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
e.    Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
f.     Guru menjelaskan materi pokok dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.

2. Kegiatan Inti
·         Mengamati
a.    Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok, dengan jumlah anggota yang seimbang. Anggota kelompok diupayakan memiliki keberagaman.
b.    Guru meminta peserta didik mengamati gambar 4.1 di halaman 68 tentang kerukunan masyarakat. Kemudian guru dapat menambahkan penjelasan tentang gambar tersebut dengan berbagai bentuk kerukunan yang ada di lingkungan peserta didik.
·          Menanya
a.    Guru meminta peserta didik secara kelompok mengidentifi kasi pertanyaan yang ingin diketahui tentang arti penting keberagaman masyarakat Indonesia.
b.    Guru dapat membimbing pertanyaan peserta didik sesuai tujuan pembelajaran.
·         Mengumpulkan Informasi
a.    Guru membimbing peserta didik secara kelompok untuk mencari informasi untuk menjawab pertanyaan yang sudah disusun,  dan mengerjakan Aktivitas 4.3 di halaman 80, dengan membaca uraian materi bagian B Bab IV tentang arti penting keberagaman  norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia.
b.    Guru memfasilitasi peserta didik dengan sumber belajar lain seperti buku penunjang atau internet.
c.    Guru juga dapat menjadi nara sumber atas pertanyaan peserta didik di kelompok
·         Mengasosiasi
a.    Guru membimbing kelompok untuk menghubungkan informasi yang diperoleh untuk menyimpulkan tentang arti penting keberagaman  norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia.
b.    Guru membimbing kelompok dalam langkah ini, seperti membantu mengambil kesimpulan berdasarkan informasi
·         Mengomunikasikan
a.    Guru membimbing peserta didik menyusun laporan hasil telaah tentang arti penting keberagaman  norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia. Laporan dapat berupa displai, bahan tayang, maupun dalam bentuk kertas lembaran.
b.    Guru membimbing setiap kelompok untuk menyajikan hasil telaah di kelas. Kegiatan penyajian dapat setiap kelompok secara bergantian di depan kelas. Atau melalui memajang hasil telaah (displai) di dinding kelas dan kelompok lain saling mengunjungi dan memberikan komentar atas hasil telaah kelompok lain. Guru dapat juga melakukan bentuk penyajian sesuai kondisi sekolah.

3. Kegiatan Akhir
a.    Guru membimbing peserta didik menyimpulkan   materi pembelajaranb.  Guru melakukan refl eksi pembelajaran melalui berbagai cara seperi tanya jawab tentang apa yang sudah dipelajari, apa manfaat pembelajaran, apa perubahan sikap yang perlu dilakukan.
c.    Guru melakukan tes secara tertulis atau lisan untuk menilai pengetahuan peserta didik. Guru dapat menggunakan soal Uji Kompetensi 4.3 di halaman 84 atau membuat soal sesuai tujuan pembelajaran.
d.    Guru menjelaskan kegiatan pertemuan berikutnya dan memberi tugas praktik kewarganegaraan di halaman 83.

Pertemuan 4
1. Kegiatan Awal
a.    Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, mengecek kehadiran siswa,kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan  sumber belajar. Secara khusus meminta peserta didik membuka buku teks yang memuat materi Bab IV bagian C tentang menghargai   norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia di halaman 81.
b.    Guru memberi motivasi melalui bernyanyi lagu daerah, bermain, atau bentuk lain sesuai kondisi sekolah
c.    Guru melakukan apersepsi  melalui tanya jawab mengenai arti penting norma dan kebiasaan  antardaerah di Indonesia.
d.    Guru menyampaikan  kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
e.    Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
f.     Guru menjelaskan materi pokok dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.

2. Kegiatan Inti
·         Mengamati
a.    Guru membimbing peserta didik mengamati perbedaan  norma dan kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat di sekitarnya.
b.    Guru membimbing peserta didik mengamati perwujudan sikap menghargai   norma dan kebiasaan dalam masyarakat.
·         Menanya
a.    Guru membimbing peserta didik menyusun pertanyaan tentang perwujudan sikap menghargai   norma dan kebiasaan antardaerah dalam masyarakat.
b.    Guru membimbing peserta didik untuk menyusun pertanyaan agar sesuai dengan tujuan pembelajaran.
·         Mengumpulkan Informasi
a.    Guru membimbing kelompok untuk mencari informasi untuk menjawab pertanyaan dan mengerjakan tugas Aktivitas 4.4 di halaman 82, dengan mengamati lingkungan sekitar dan wawancara dengan nara sumber.
b.    Guru dapat menjada nara sumber dan memfasilitasi  sumber belajar seperti buku penunjang dan internet
·         Mengasosiasi
a.    Guru membimbing peserta didik menghubungkan berbagai informasi yang diperoleh.
b.    Guru membimbing kelompok mengambil kesimpulan tentang perwujudan sikap menghargai norma dan kebiasaan antardaerah dalam masyarakat.
·         Mengomunikasikan
a.    Guru membimbing peserta didik menyajikan hasil mengamati perwujudan sikap menghargai  norma dan kebiasaan antardaerah dalam masyarakat dalam kertas lembaran dan dipajang di dinding kelas.
b.    Guru membimbing peserta didik menyusun gagasan tentang melestarikan norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia berdasarkan wawancara dengan tokoh adat/masyarakat. Gagasan ditulis dalam bentuk makalah.
c.    Guru membimbing peserta didik untuk menyajikan gagasan di depan kelas. Atau melalui memajang gagasan (displai) di dinding kelas dan kelompok lain saling mengunjungi dan memberikan komentar atas gagasan kelompok lain. Guru dapat juga melakukan bentuk penyajian sesuai kondisi sekolah

3. Kegiatan Akhir
a.    Guru membimbing peserta didik menyimpulkan   materi pembelajaran
b.    Guru melakukan refl eksi pembelajaran melalui berbagai cara seperti tanya jawab tentang apa yang sudah dipelajari, apa manfaat pembelajaran, apa perubahan sikap yang perlu dilakukan.
c.    Guru memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran.
d.    Guru menjelaskan kegiatan minggu berikutnya dan memberikan tugas mempelajari bab V di halaman 85.

RPP PPKN SMP Kelas VIII Kurikulum 2013 by Aina Mulyana@
G. PENILAIAN
Pertemuan 1
a. Penilaian Kompetensi Sikap
Teknik  penilaian  kompetensi sikap dapat menggunakan  observasi, penilaian diri,  penilaian antarpeserta didik, atau  jurnal. Hasil  penilaian akan lebihbaik apabila menggunakan teknik penilaian yang bervariasi. Sehingga hasil penilaian lebih obyektif, karena setiap teknik memiliki kelebihan dan kekurangan. Penilaian ini berlangsung secara terus menerus selama proses pembelajaran. Format penilaian sikap dapat menggunakan format sbb:


Pedoman Pengamatan Sikap

Kelas                                    : ……………………….
Hari, Tanggal          : ……………………….
Pertemuan Ke-       : ……………………….
Materi Pokok           : ……………………….

No
Nama
Peserta
Didik
Aspek Penilaian
1
2
3
4
5
6
7
8































Keterangan:
1. Iman dan taqwa  4. Tanggung jawab  7. Santun/Sopan
2. Jujur                     5. Toleransi               8. Percaya diri
3. Disiplin                6. Gotong royong

Skor penilaian menggunakan skala 1 – 4, yaitu :
o   Skor 1 apabila peserta didik tidak pernah sesuai aspek sikap yang dinilai
o   Skor 2 apabila peserta didik kadang-kadang sesuai aspek sikap yang dinilai
o   Skor 3 apabila peserta didik sering sesuai aspek sikap yang dinilai
o   Skor 4 apabila peserta didik selalu sesuai aspek sikap yang dinilai

b.    Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Teknik  penilaian  kompetensi pengetahuan menggunakan tes tertulis dengan bentuk uraian dan penugasan. Instumen tes uraian menggunakan Uji Kompetensi 4.1. Sedangkan penugasan yaitu peserta didik mengerjakan Aktivitas 4.1.

c.    Penilaian Kompetensi Keterampilan
Penilaian  kompetensi keterampilan menggunakan teknik portofolio untuk menilai hasil telaah norma antardaerah di Indonesia, dan praktik simulasi norma.

Pertemuan 2

a.    Penilaian Kompetensi Sikap
Teknik  penilaian  kompetensi sikap dapat menggunakan  observasi, penilaian diri,  penilaian antarpeserta didik, atau  jurnal. Hasil  penilaian akan lebihbaik apabila menggunakan teknik penilaian yang bervariasi. Sehingga hasil penilaian lebih obyektif, karena setiap teknik memiliki kelebihan dan kekurangan. Penilaian ini berlangsung secara terus menerus selama proses pembelajaran. Format penilaian sikap dapat menggunakan format sbb:

Pedoman Pengamatan Sikap

Kelas                                    : ……………………….
Hari, Tanggal          : ……………………….
Pertemuan Ke-       : ……………………….
Materi Pokok                       : ……………………….

No
Nama
Peserta
Didik
Aspek Penilaian
1
2
3
4
5
6
7
8































Keterangan:
1. Iman dan taqwa  4. Tanggung jawab  7. Santun/Sopan
2. Jujur                     5. Toleransi               8. Percaya diri
3. Disiplin                6. Gotong royong

Skor penilaian menggunakan skala 1 – 4, yaitu :
o   Skor 1 apabila peserta didik tidak pernah sesuai aspek sikap yang dinilai
o   Skor 2 apabila peserta didik kadang-kadang sesuai aspek sikap yang dinilai
o   Skor 3 apabila peserta didik sering sesuai aspek sikap yang dinilai
o   Skor 4 apabila peserta didik selalu sesuai aspek sikap yang dinilai
b.    Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Teknik  penilaian  kompetensi pengetahuan menggunakan tes tertulis dengan bentuk uraian dan penugasan. Instumen tes uraian menggunakan Uji Kompetensi 4.2, dan penugasan Aktivitas 4.2 dan tugas halaman 80

c.    Penilaian Kompetensi Keterampilan
Penilaian  kompetensi keterampilan menggunakan teknik portofolio untuk menilai hasil telaah kebiasaan antardaerah di Indonesia.  Instrumen portofolio mencakup aspek penyajian dan laporan hasil telaah.


Pertemuan 3
a. Penilaian Kompetensi Sikap
Teknik  penilaian  kompetensi sikap dapat menggunakan  observasi, penilaian diri,  penilaian antarpeserta didik, atau  jurnal. Hasil  penilaian akan lebihbaik apabila menggunakan teknik penilaian yang bervariasi. Sehingga hasil penilaian lebih obyektif, karena setiap teknik memiliki kelebihan dan kekurangan. Penilaian ini berlangsung secara terus menerus selama proses pembelajaran. Format penilaian sikap dapat menggunakan format sbb:

Pedoman Pengamatan Sikap

Kelas                                    : ……………………….
Hari, Tanggal          : ……………………….
Pertemuan Ke-       : ……………………….
Materi Pokok                       : ……………………….

No
Nama
Peserta
Didik
Aspek Penilaian
1
2
3
4
5
6
7
8































Keterangan:
1. Iman dan taqwa  4. Tanggung jawab   7. Santun/Sopan
2. Jujur                     5. Toleransi               8. Percaya diri
3. Disiplin                6. Gotong royong

Skor penilaian menggunakan skala 1 – 4, yaitu :
o   Skor 1 apabila peserta didik tidak pernah sesuai aspek sikap yang dinilai
o   Skor 2 apabila peserta didik kadang-kadang sesuai aspek sikap yang dinilai
o   Skor 3 apabila peserta didik sering sesuai aspek sikap yang dinilai
o   Skor 4 apabila peserta didik selalu sesuai aspek sikap yang dinilai

b.    Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Teknik  penilaian  kompetensi pengetahuan menggunakan tes tertulis dengan bentuk uraian dan penugasan. Instrumen tes uraian menggunakan Uji Kompetensi 4.3 dan penugasan untuk Aktivitas 4.3

c.    Penilaian Kompetensi Keterampilan
Penilaian  kompetensi keterampilan menggunakan teknik portofolio untuk menilai hasil telaah arti penting norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia Instrumen portofolio mencakup aspek penyajian dan laporan hasil telaah.

Pertemuan 4
a. Penilaian Kompetensi Sikap
Teknik  penilaian  kompetensi sikap dapat menggunakan  observasi, penilaian diri,  penilaian antarpeserta didik, atau  jurnal. Hasil  penilaian akan lebihbaik apabila menggunakan teknik penilaian yang bervariasi. Sehingga hasil penilaian lebih obyektif, karena setiap teknik memiliki kelebihan dan kekurangan. Penilaian ini berlangsung secara terus menerus selama proses pembelajaran. Format penilaian sikap dapat menggunakan format sbb:

Pedoman Pengamatan Sikap
Kelas                                    : ……………………….
Hari, Tanggal          : ……………………….
Pertemuan Ke-       : ……………………….
Materi Pokok                       : ……………………….

No
Nama
Peserta
Didik
Aspek Penilaian
1
2
3
4
5
6
7
8





















Keterangan:
1. Iman dan taqwa  4. Tanggung jawab   7. Santun/Sopan
2. Jujur                     5. Toleransi               8. Percaya diri
3. Disiplin                6. Gotong royong

Skor penilaian menggunakan skala 1 – 4, yaitu :
o   Skor 1 apabila peserta didik tidak pernah sesuai aspek sikap yang dinilai
o   Skor 2 apabila peserta didik kadang-kadang sesuai aspek sikap yang dinilai
o   Skor 3 apabila peserta didik sering sesuai aspek sikap yang dinilai
o   Skor 4 apabila peserta didik selalu sesuai aspek sikap yang dinilai
b.    Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Teknik  penilaian  kompetensi pengetahuan menggunakan Aktivitas 4.4
c.    Penilaian Kompetensi Keterampilan

Penilaian  kompetensi keterampilan menggunakan teknik portofolio gagasan  melestarikan norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia Instrumen portofolio mencakup aspek penyajian dan laporan gagasan. 


Ingin RPP PPKN SMP Kelas 8 dengan Tema/Topik  yang lain silahkan klik link berikut ini:






= Baca Juga =



No comments:

Post a Comment