INI CONTOH BELA NEGARA MENURUT PRESIDEN JOKO WIDODO

Posted by Komunitas Guru PKn on Sunday, December 20, 2015

Sebagai bahan pembelajaran Bela Negara di SMP berikut ini saya kutip dari jpnn.com berita terkait bela Negara. Menurut berita tersebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa bela negara wajib dilakukan oleh semua warga negara, tidak hanya tentara. Presiden mengatakan hal tersebut berkaitan dengan peringatan Hari Bela Negara yang ditetapkan setiap 19 Desember.

“Jadi semua anak bangsa harus tergerak dan bergerak,” ujarnya dalam keterangan resmi yang dilansir Tim Komunikasi Presiden kemarin (19/12).

Menurut Jokowi, seluruh warga dari berbagai profesi seperti guru, bidan, tenaga kesehatan, petani, buruh, pegawai negeri sipil (PNS), pedagang, serta profesional di bidang lainnya harus ikut pula dalam aktivitas bela negara.

“Ada banyak jalan untuk membela negara, seperti memperkuat kemandirian ekonomi, maupun membangun ketahanan budaya,” katanya.

Dia memisalkan, seorang petani yang bekerja keras meningkatkan produksi adalah upaya bela negara untuk mewujudkan kedaulatan pangan. Contoh lain, seorang guru berjuang mendidik anak-anak di kawasan perbatasan adalah wujud nyata bela negara mencerdaskan kehidupan bangsa.




Jokowi mengatakan, semangat bela negara harus ditanamkan sejak dini melalui pendidikan kewarganegaraan. Nilai-nilai bela negara harus ditanamkan dengan cara-cara yang  kreatif, inovatif serta  bisa adaptif dengan perkembangan zaman.
Sementara itu, dalam peringatan Hari Bela Negara di Kawasan Monas Jakarta kemarin, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyebut jika keberagaman atau kemajemukan masyarakat bukanlah sebuah kendala, melainkan bisa menjadi kekuatan dahsyat. “Karena itu, mari kita bangun sinergi,” ujarnya.

Ditemui di tempat sama, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan jika saat ini pihaknya tengah merancang pendidikan bela negara untuk para mahasiswa yang akan masuk tahap perkuliahan. “Intinya, bagaimana menanamkan patriotisme dan nasionalisme,” katanya.

Ryamizrad mengaku prihatin dengan adanya sebagian warga negara Indonesia yang justru tertarik bergabung dengan kelompok ISIS untuk berperang di Timur Tengah. Orang-orang ini dikhawatirkan bakal membawa bibit kekerasan jika sampai kembali ke Indonesia.

“Pendidikan bela negara itu salah satunya untuk menangkal hal seperti itu,” ucapnya.


Sumber: Jpnn.com




Blog, Updated at: 5:20 AM

2 comments:

  1. bela negara disini bukan berarti perang kan pak? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, banyak hal yang dapat dilakukan dalam rangka bela negara

      Delete

--------------------------------

JADWAL IMSAKIYAH DAN JADWAL SHOLAT

--------------------------------

--------------------------------

--------------------------------

Cek Data Guru & SKTP 2015

--------------------------------

--------------------------------

Statistik Pengunjung

-----------------------------

Followers

CB