RPP PPKN KURIKULUM 2013 KELAS VIII (8) SEMESTER 1 TEMA MERAJUT MANUSIA DAN MASYARAKAT BERDASARKAN PANCASILA

Posted by Komunitas Guru PKn on Thursday, July 24, 2014



RPP PPKN KURIKULUM 2013 KELAS VIII (8) SEMESTER 1 TEMA MERAJUT MANUSIA DAN MASYARAKAT BERDASARKAN PANCASILA

SATUAN PENDIDIKAN              : SMPN 3 SAKETI
MATA PELA­JARAN                   : PPKn       
KELAS / SEMESTER                 : VIII/1
JUMLAH PERTEMUAN              : 4 Pertemuan (@120 Menit)
TOPIK/TEMA                             : Merajut Manusia dan Masyarakat Berdasarkan Pancasila


RPP PPKN Kelas VIII (8) Berdasarkan Kurikulum 2013 Created by Aina Mulyana
 A.   Kompetensi Inti (KI)
1.   Menghargai dan menghayati  ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.



RPP PPKN Kelas VIII (8) Berdasarkan Kurikulum 2013 Created by Aina Mulyana
B.   Kompetensi Dasar (KD)

1.1     Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan sekolah, masyarakat, bangsa, dan  negara
2.1     Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa 1 Memahami nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
3.1     Menalar nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari
4.9     Menyaji bentuk partisipasi kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen  terhadap keutuhan nasional.

RPP PPKN Kelas VIII (8) Berdasarkan Kurikulum 2013 Created by Aina Mulyana
C.   Indikator
3.1.1      Mendeskripsikan kedudukan dan fungsi Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
3.1.2      Mendeskripsikan arti penting Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
3.1.3      Mendeskripsikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila
4.1.1      Menunjukkan  keterampilan  mengamati  tentang  Pancasila  sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
4.1.2      Menunjukkan keterampilan menanya tentang Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa4.1.3   Menyusun laporan hasil telaah tentang Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari
4.1.4      Menyusun gagasan tentang upaya mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar  negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari.
4.1.5      Menyajikan laporan hasil telaah dan gagasan tentang Pancasila sebagai sebagai dasar  negara dan pandangan hidup bangsa.
4.9.1      Mencoba praktik kewarganegaraan sebagai perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

RPP PPKN Kelas VIII (8) Berdasarkan Kurikulum 2013 Created by Aina Mulyana
D. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
a.     Menjelaskan pengertian dasar negara
b.     Menjelaskan kedudukan dan fungsi Pancasila sebagai dasar negara
c.     Menjelaskan arti penting Pancasila sebagai dasar negara
d.     Menyusun hasil telaah Pancasila sebagai dasar negara
e.     Menyajikan hasil telaah Pancasila sebagai dasar Negara

Pertemuan 2
a.   Menjelaskan pengertian pandangan hidup bangsa
b.   Menjelaskan kedudukan dan fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa
c. Menjelaskan arti penting Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa
d.   Menyusun hasil telaah Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa
e.   Menyajikan hasil telaah Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa

Pertemuan 3
a.   Menjelaskan Pancasila sebagai satu kesatuan
b.   Menjelaskan hubungan sila-sila dalam Pancasila
c.   Menjelaskan nilai- nilai setiap sila dalam Pancasila
d.   Menyusun hasil telaah Pancasila sebagai satu kesatuan
e.   Menyajikan hasil telaah Pancasila sebagai satu kesatuan

Pertemuan 4
a.   Mengamati perwujudan nilai-nilai Pancasila di lingkungan, sekolah, dan masyarakat
b.   Menyusun laporan hasil pengamatan perwujudan nilai-nilai Pancasila di lingkungan, sekolah, dan masyarakat
c.   Menyajikan laporan hasil pengamatan perwujudan nilai-nilai Pancasila di lingkungan, sekolah, dan masyarakat
d.   Mencoba praktik kewarganegaraan sebagai perwujudan nilai-nilai Pancasila di lingkungan, sekolah, dan masyarakat
e.   Menyusun laporan hasil praktik kewarganegaraan sebagai perwujudan nilai-nilai Pancasila di lingkungan, sekolah, dan masyarakat
f.    Menyajikan laporan hasil praktik kewarganegaraan sebagai perwujudan nilai-nilai Pancasila di lingkungan, sekolah, dan masyarakat

RPP PPKN Kelas VIII (8) Berdasarkan Kurikulum 2013 Created by Aina Mulyana
D. Materi dan Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kedudukan, Fungsi, Dan Arti Penting Pancasila Sebagai Dasar  Negara.

Pertemuan 2
Kedudukan, Fungsi, Dan Arti Penting Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa

Pertemuan 3
Pancasila sebagai satu kesatuan yang tidak terpisahkan

Pertemuan 4
Praktek Kewarganegaraan perwujudan nilai-nilai Pancasila

RPP PPKN Kelas VIII (8) Berdasarkan Kurikulum 2013 Created by Aina Mulyana
E. Metode Pembelajaran
Pertemuan 1
·        Discovery Learning,
·        Metode Diskusi
·        Model Pembelajaran  Bekerja Dalam Kelompok .
Pertemuan 2
·        discovery learning,
·        diskusi
·        model pembelajaran bekerja dalam kelompok
Pertemuan 3
·        discovery learning,
·        diskusi
·        model pembelajaran bekerja dalam kelompok
Pertemuan 4
·        projek base learning
·        metode diskusi
·        partisipasi kewarganegaraan.

RPP PPKN Kelas VIII (8) Berdasarkan Kurikulum 2013 Created by Aina Mulyana
F. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1. Kegiatan Pendahuluan
a.    Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikutipembelajaran dengan melakukan berdoa, mengecek kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
b.    Guru memberi motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu Garuda Pancasila.
c.    Guru melakukan apersepsi  melalui tanya jawab atau problem solving mengenai materi proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara yang telah dipelajari di kelas VII
d.    Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
e.    Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
f.     Guru menjelaskan materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik
2. Kegiatan Inti
Mengamati
a.   Guru membagi peserta didik dalam menjadi beberapa kelompok beranggotakan 4  orang.
b.   Guru meminta peserta didik membaca wacana tajuk surat kabar berjudul “Sakti dan Tidaknya Pancasila ” yang ada di Buku PPKn Kelas VIII. Juga mengamati gambar tokoh pengusul dasar Negara.
c.   Guru meminta peserta didik mencatat hal-hal yang penting dan yang tidak diketahui dalam wacana tersebut, seperti istilah/kata, fakta, konsep, dan hubungan antar konsep.
d.   Guru menanamkan sikap teliti dan cermat dalam membaca wacana
e.   Guru mengamati keterampilan peserta didik dalam mengamati atau membaca wacana.

Menanya
a.   Guru membimbing peserta didik secara kelompok untuk mengidentifikasi pertanyaan dari wacana yang berkaitan dengan kedudukan dan fungsi Pancasila sebagai dasar negara.
b.   Guru dapat membimbing peserta didik menyusun pertanyaan seperti:
1)   Apa yang dimaksud dasar negara ?
2)   Jelaskan kedudukan dan fungsi Pancasila sebagai dasar negara!
3)   Apa manfaat dasar  negara bagi suatu negara ?
c.   Guru meminta peserta didik secara kelompok mencatat pertanyaan yang ingin diketahui, dan mendorong peserta didik untuk terus menggali rasa ingin tahu dengan pertanyaan secara mendalam tentang sesuatu.
d.   Guru memberi motivasi dan penghargaan bagi kelompok yang menyusun pertanyaan terbanyak dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
e.   Guru mengamati keterampilan peserta didik secara perorangan dan kelompok dalam menyusun pertanyaan

Mengumpulkan Informasi
a.  Guru membimbing peserta didik untuk mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun dengan membaca uraian materi di Buku PPKn Kelas VIII Bab 1 bagian A halaman 2 - 6, mencari melalui sumber belajar lain seperti buku referensi lain dan internet.
b. Peran guru dalam langkah tahap ini adalah :
(1)   Menyediakan berbagai sumber belajar seperti Buku PPKn Kelas VIII dan buku referensi lain.
(2)   Guru menjadi  sumber belajar bagi peserta didik dengan memberikan konfi rmasi atas jawaban peserta didik, atau menjelaskan jawaban  pertanyaan kelompok.
(3)   Guru dapat juga menunjukkan buku atau sumber belajar lain yang dapat dijadikan referensi untuk menjawab pertanyaan.

Mengasosiasi
a.  Guru membimbing peserta didik untuk mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya, seperti:
1)   Apa manfaat dasar  negara Pancasila bagi  negara Indonesia ?
2)   Apa akibat apabila negara Indonesia tidak memiliki dasar  negara ?
3)   Apa pengaruh apabila dasar negara Pancasila berubah bagi negara dan bangsa Indonesia ?
b.  Guru membimbing peserta didik secara kelompok untuk menyimpulkan tentang kedudukan dan fungsi serta arti penting Pancasila sebagai dasar negara.

Mengomunikasikan
a.   Guru menjelaskan dan membimbing tugas individu untuk menyusun laporan hasil telaah kedudukan, fungsi, dan arti penting Pancasila sebagai dasar negara. Laporan dapat berupa displai, bahan tayang, maupun dalam bentuk kertas lembaran.
b.   Guru menjelaskan tata cara penyajian kelompok, seperti:
1)   Kelompok menyajikan secara bergantian bahan tayang yang telah disusun  sebelumnya.
2)   Kelompok penyaji menyajikan materi paling lama 5 menit. Kelompok lain memperhatikan penyajian kelompok penyaji dan mencatat hal-hal yang penting serta mempersiapkan pertanyaan terhadap hal yang belum jelas.
3)   Kelompok penyaji bertanya jawab dan diskusi dengan peserta didik lain tentang materi yang disajikan paling lama 15 menit
c.  Guru mendiskusikan dan membuat kesepakatan tentang tata tertib selama penyajian materi oleh kelompok, seperti :
•    Setiap peserta didik saling menghormati pendapat orang lain
   Mengangkat tangan sebelum memberikan pertanyaan atau menyampaikan pendapat
   Menyampaikan pertanyaan atau pendapat setelah dipersilahkan oleh guru (moderator)
   Menggunakan bahasa yang sopan saat menyampaikan pertanyaan atau pendapat
   Berbicara secara bergantian dan tidak memotong pembicaraan orang lain
d.  Guru menjelaskan pedoman  penilaian selama penyajian materi, seperti aspek  penilaian meliputi :
•    Kemampuan bertanya
•    Kebenaran gagasan/materi
•    Argumentasi yang benar dan logis
•    Bahasa yang digunakan (bahasa baku)
•    Sikap (sopan, toleransi, kerjasama)
e. Guru membimbing sebagai moderator kegiatan penyajian kelompok secara bergantian sesuai tata cara yang disepakati sebelumnya.
f.  Guru memberikan konfirmasi terhadap jawaban peserta didik dalam diskusi, dengan meluruskan jawaban yang kurang tepat dan memberikan penghargaan bila jawaban benar dengan pujian atau tepuk tangan bersama.

3. Kegiatan Penutup
a. Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal
b. Guru melakukan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan  yang akan dilakukan berkaitan dengan kedudukan dan fungsi Pancasila, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut ;
1)   Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari kedudukan, fungsi, dan arti penting Pancasila sebagai dasar  negara bagi kalian ?
2)   Apa sikap yang kalian peroleh dari proses pembelajaran yang telah dilakukan ?
3)   Apa manfaat yang diperoleh melalui proses pembelajaran yang telah dilakukan ?
4)   Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan ?
5)   Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya ?
c. Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil laporan individu
d. Guru memberikan tugas peserta didik untuk mengerjakan Aktivitas 1.1 di halaman  6.  Tugas dilaksanakan secara perorangan dan untuk  penilaian kompetensi pengetahuan.
e. Guru menjelaskan rencana kegiatan pertemuan berikutnya akan mempelajari Pancasila sebagai pandangan hidup di halaman 7 - 11.


Pertemuan 2
1.    Kegiatan Pendahuluan
a.    Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, mengecek kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
b.    Guru memberi motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu nasional atau bentuk lain.
c.    Guru melakukan apersepsi  melalui tanya jawab atau problem solving mengenai materi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.
d.    Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
e.    Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
f.     Guru menjelaskan materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.

2.    Kegiatan Inti
Mengamati
a.     Guru membagi peserta didik dalam menjadi beberapa kelompok beranggotakan 4  orang atau lebih.
b.   Guru meminta peserta didik membaca  wacana tajuk surat kabar berjudul “Sakti dan Tidaknya Pancasila”  yang ada di Buku PPKn Kelas VIII, dan gambar 1.6 dan gambar 1.7 di halaman 7.
c.   Guru meminta peserta didik mencatat hal-hal yang penting dan yang tidak diketahui dalam wacana tersebut, seperti istilah/kata, fakta, konsep, dan hubungan antar konsep.
d.   Guru meminta peserta didik untuk melaksanakan tugas individu tentang gagasan keluarga bahagia di halaman 7.
e.   Guru menanamkan sikap teliti dan cermat dalam membaca wacana.
f.    Guru mengamati keterampilan peserta didik dalam mengamati atau membaca wacana

Menanya
a.   Guru membimbing peserta didik secara kelompok untuk mengidentifi  kasi pertanyaan dari wacana yang berkaitan dengan kedudukan dan fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup.
b.   Guru dapat membimbing peserta didik menyusun pertanyaan seperti:
1)   Apa yang dimaksud pandangan hidup?
2)   Jelaskan kedudukan dan fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup!
3)   Apa manfaat pandangan hidup bagi suatu   negara?
4)   Apa akibat suatu negar tidak memiliki pandangan hidup?
c.   Guru meminta peserta didik secara kelompok mencatat pertanyaan yang ingin diketahui, dan mendorong peserta didik untuk terus menggali rasa ingin tahu dengan pertanyaan secara mendalam tentang sesuatu.
d.   Guru memberi motivasi dan penghargaan bagi kelompok yang menyusun pertanyaan terbanyak dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
e.   Guru mengamati keterampilan peserta didik secara perorangan dan kelompok dalam menyusun pertanyaan

Mengumpulkan Informasi
a.   Guru membimbing peserta didik untuk mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun dengan membaca uraian materi di Buku PPKn Kelas VIII Bab 1 bagian A, halaman 7 dan mengerjakan Aktivitas 1.2 halaman 11.
b. Peran guru dalam langkah tahap ini adalah :
(1)      Menyediakan berbagai sumber belajar seperti Buku PPKn Kelas VIII dan buku referensi lain.
(2)      Guru menjadi  sumber belajar bagi peserta didik dengan memberikan konfi rmasi atas jawaban peserta didik, atau menjelaskan jawaban  pertanyaan kelompok.
(3)      Guru dapat juga menunjukkan buku atau sumber belajar lain yang dapat dijadikan referensi untuk menjawab pertanyaan.

Mengasosiasi
a.     Guru membimbing peserta didik untuk mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya, seperti :
1)   Apa manfaat Pancasila sebagai pandangan hidup bagi negara Indonesia?
2)   Apa akibat apabila negara Indonesia tidak memiliki pandangan hidup?
3)   Apa hubungan dasar negara dengan pandangan hidup?
4)   Apa akibat apabila dasar  negara berbeda dengan pandangan hidup?
b.     Guru membimbing peserta didik secara kelompok untuk menyimpulkan tentang kedudukan dan fungsi serta arti penting Pancasila sebagai ideologi
nasional.

Mengomunikasikan
a.   Guru menjelaskan dan membimbing  tugas individu untuk menyusun laporan hasil telaah kedudukan, fungsi, dan arti penting Pancasila sebagai ideologi nasional . Laporan dapat berupa displai, bahan tayang, maupun dalam bentuk kertas lembaran.
b.   Guru menjelaskan tata cara penyajian kelompok dan tata tertib selama penyajian.
c.   Guru menjelaskan pedoman penilaian selama penyajian materi.
d.   Guru membimbing sebagai moderator kegiatan penyajian kelompok secara bergantian sesuai tata cara yang disepakati sebelumnya.
e.   Guru memberikan konfi rmasi terhadap jawaban peserta didik dalam diskusi, dengan meluruskan jawaban yang kurang tepat dan memberikan penghargaan bila jawaban benar dengan pujian atau tepuk tangan bersama.

Kegiatan Akhir
a. Guru membimbing peserta didik menyimpulkan  materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal
b.   Guru melakukan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan  yang akan dilakukan berkaitan dengan kedudukan dan fungsi Pancasila, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut ;
1)   Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari kedudukan, fungsi, dan arti penting Pancasila sebagai pandangan hidup bagi kalian?
2)   Apa sikap yang kalian peroleh dari proses pembelajaran yang telah dilakukan?
3)   Apa manfaat yang diperoleh melalui proses pembelajaran yang telah dilakukan?
4)   Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan ?
5)   Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya ?
c. Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil laporan individu
d.   Guru melaksanakan ulangan harian dengan teknik tes tertulis untuk mengukur pengetahuan tentang kedudukan, fungsi, dan arti penting Pancasila sebagai dasar negara dan pandan hidup. Soal tes dapat menggunakan soal Uji Kompetensi 1.1 di Buku PPKn Kelas VIII halaman 20.
e.   Guru menjelaskan rencana kegiatan pertemuan berikutnya dan memberi tugas mempelajari nilai-nilai Pancasila halaman 12.

Pertemuan 3
1. Kegiatan Awal
a.   Guru mempersiapkan secara psikis dan fisik peserta didik mengikuti pembelajaran (berdoa, kebersihan kelas, buku teks dan buku catatan)
b.   Guru memberikan motivasi agar peserta didik bersemangat dalam mengikui pembelajaran melalui berbagai cara seperti menyanyi, bermain, dan kegiatan lain sesuai kondisi sekolah.
c.   Guru melakukan apersepsi dengan tanya jawab tentang nilai-nilai Pancasila.
d.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
e.   Guru mendiskusikan manfaat proses pembelajaran melalui tanya jawab dengan peserta didik
f.    Guru menyampaikan materi pokok dan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan


2. Kegiatan Inti
Mengamati
a.   Guru membagi kelas menjadi 5 (lima) kelompok sesuai kelompok sebelumnya atau kelompok baru, dengan tugas kelompok :
Kelompok 1   :  Nilai Ketuhanan Yang Maha Esa
Kelompok 2   :  Nilai Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
Kelompok 3   :  Nilai Persatuan Indonesia
Kelompok  4 :  Nilai Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmat kebijaksanaan      dalam  Permusyawaratan/perwakilan
Kelompok 5   :  Nilai Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
b.   Guru membimbing peserta didik mengamati beberapa gambar tentang perwujudan nilai-nilai Pancasila seperti dalam dalam Buku PPKn Kelas VIII, halaman 14 - 16
c.   Guru memberikan penjelasan tentang gambar sesuai dengan keadaan sosial budaya peserta didik atau peristiwa yang sejenis dengan gambar.
d.   Guru meminta peserta didik mengamati dengan cermat gambar dan menyimak penjelasan guru serta mencatat hal-hal yang penting. Penjelasan guru bertujuan mendorong rasa ingin tahu peserta didik berkaitan dengan nilai-nilai Pancasila.


Menanya
a.   Guru membimbing peserta didik mengidentifi kasi pertanyaan tentang nilai-nilai Pancasila.
b.   Guru memberi motivasi dan penghargaan bagi kelompok yang menyusun pertanyaan terbanyak dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
c.   Guru mengamati keterampilan peserta didik secara perorangan dan kelompok dalam bertanya

Mencari Informasi
a.   Guru membimbing peserta didik secara kelompok untuk mencari jawaban atas pertanyaan yang telah disusun kelompok, dengan membaca materi di halaman 12 sampai dengan 18, dan menjawab Aktivitas 1.3
b.   Guru memfasilitasi  sumber belajar selain buku PPKn Kelas VIII sesuai kondisi sekolah, sekaligus menjadi sumber belajar dengan memberikan konfi rmasi atas jawaban peserta didik. Guru dapat pula menjawab pertanyaan kelompok yang kesulitan mencari jawaban. Upayakan guru tidak langsung menjawab pertanyaan peserta didik, namun menunjukkan sumber jawaban yang memuat informasi yang diperlukan.
c.   Guru mengamati sikap peserta didik seperti kerja sama, tanggung jawab, kepedulian, dan sebagainya

Mengasosiasi
a.   Guru membimbing peserta didik untuk menghubungkan berbagai informasi yang diperoleh seperti bagaimana hubungan nilai-nilai antarsila dalam Pancasila  seperti nilai kemanusiaan dengan nilai keadilan sosial, apa persamaan dan perbedaan adil dalam sila kedua dan kelima.
b.   Guru membimbing peserta didik menyimpulkan jawaban secara kelompok

Mengomunikasikan
a.   Guru menjelaskan tugas  kelompok untuk menyusun hasil diskusi dalam bentuk diplai untuk dipamerkan. Displai dapat menggunakan lembaran kertas karton, kertas/kardus bekas, kertas yang ditempelkan pada daun, pelepah pisang, dan media alam lainnya.
b.   Displai memuat hasil diskusi dan kolom untuk komentar kelompok lain.
c.   Guru membimbing kelompok menyusun displai yang menarik, kreatif, dan inovatif.
d.   Setelah selesai setiap kelompok memajang displai di dinding bagian dalam atau luar kelas. Anggota kelompok dibagi 2 orang sebagai penjaga display yang bertugas menjelaskan apabila ada pertanyaan dari kelompok lain. Sedangkan anggota yang lain bertugas untuk mengunjungi display kelompok lain. Selama kunjungan peserta didik memberikan komentar terhadap display kelompok lain secara positif. Bimbing peserta didik menggunakan bahasa yang sopan dan memotivasi kelompok lain agar lebih baik.
e.   Guru melakukan penilaian keterampilan dan sikap sesuai format di bagian  penilaian


3. Kegiatan Akhir

a.   Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal
b.   Guru melakukan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan  yang akan dilakukan selajutnya ;
c.   Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah nilai-nilai Pancasila
d.   Guru melakukan tes tertulis tentang nilai-nilai Pancasila. Soal tes dapat menggunakan soal Uji Kompetensi 1.2 di halaman 21 atau menggunakan soal yang dibuat guru.
e.   Guru menjelaskan rencana kegiatan pertemuan berikutnya yaitu member tugas peserta didik secara kelompok praktik kewarganegaraan di Buku PPKn Kelas VIII halaman 20 Guru perlu menjelaskan praktik kewarganegaraan mulai dari menyusun rencana, pelaksanaan, dan pelaporan. Kelompok akan menyajikan laporan  projek pada pertemuan berikutnya. Pembagian kelompok dapat menggunakan kelompok pada pertemuan ketiga ini atau membentuk kelompok baru. Namun agar lebih berkelanjutan dianjurkan tetap menggunakan kelompok yang sudah terbentuk. Tema praktik kewarganegaraan dapat dipilih oleh kelompok sesuai perwujudan nilai sila Pancasila di kelompoknya. Namun dapat juga tema lain sesuai kondisi lingkungan dan pilihan kelompok.
f.    Guru memberi tugas individu untuk mengamati perilaku sesuai nilai-nilai Pancasila di bagian C halaman 18

Pertemuan 4

1. Kegiatan Awal
a. Guru mempersiapkan peserta didik secara fisik dan psikis untuk mengikuti pembelajaran
b.   Guru memotivasi peserta didik melalui berbagai cara seperti menyanyikan lagu nasional, bermain, cerita, atau yang lain sesuai kondisi dan kemampuan guru.
c.   Guru melakukan apersepsi tentang perwujudan nilai-nilai Pancasila
d.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
e.   Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan yaitu setiap kelompok menyajikan laporan praktik kewarganegaraan.

2. Kegiatan Inti
Mengamati
a.   Guru meminta setiap kelompok untuk mengamati gambar 1.8, 1.9, 1.10, 1.11, dan 1.12 tentang perwujudan nilai-nilai Pancasila, halaman 14 - 16.
b.   Guru menambahkan dengan berbagai perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai lingkungan peserta didik melalui tanya jawab2. Kegiatan Inti
Menanya
a.   Guru membimbing peserta didik menyusun pertanyaan tentang perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai lingkungan.
b.   Guru membimbing peserta didik untuk menyusun pertanyaan agar sesuai dengan tujuan pembelajaran

Mencari Informasi
a.   Guru membimbing kelompok untuk mencari informasi untuk menjawab pertanyaan dan mengerjakan tugas di halaman 18, dengan mengamati lingkungan sekitar dan wawancara dengan nara sumber.
b.   Guru dapat menjada nara sumber dan memfasilitasi  sumber belajar seperti buku penunjang dan internet.

Mengasosiasi
a.   Guru membimbing peserta didik menghubungkan berbagai informasi yang diperoleh.
b.   Guru membimbing kelompok mengambil kesimpulan tentang pewujudan nilai-nilai Pancasila.

Mengomunikasikan
a.   Guru membimbing peserta didik menyajikan hasil mengamati perwujudan nilai-nilai Pancasila secara tertulis dan memajang di dinding kelas.
b.   Guru membimbing kelompok untuk menyajikan laporan praktik kewarganegaraan dalam pameran kelas. Peserta didik saling mengunjungi laporan kelompok lain dengan memberikan komentar dan  penilaian karya tersebut.

3. Kegiatan Akhir
a.   Guru membimbing peserta didik menyimpulkan   materi pembelajaran
b.   Guru melakukan refl eksi pembelajaran melalui berbagai cara seperi tanya jawab tentang apa yang sudah dipelajari, apa manfaat pembelajaran, apa perubahan sikap dan tindakan yang akan dilakukan.
c.   Guru memberikan umpan balik proses pembelajaran dan praktik kewarganegaraan
d.   Guru menjelaskan kegiatan pertemuan berikut dan tugas mempelajari Bab II sub bab A di halaman 22

RPP PPKN Kelas VIII (8) Berdasarkan Kurikulum 2013 Created by Aina Mulyana
G. Penilaian
Pertemuan 1

a.   Penilaian Kompetensi Sikap
Teknik  penilaian  kompetensi sikap dapat menggunakan  observasi, penilaian diri,  penilaian antarpeserta didik, atau  jurnal. Hasil  penilaian akan lebih baik apabila menggunakan teknik  penilaian yang bervariasi. Sehingga hasil penilaian lebih obyektif, karena setiap teknik memiliki kelebihan dan kekurangan.
Penilaian ini berlangsung secara terus menerus selama proses pembelajaran. Format penilaian sikap dapat menggunakan format penilaian sikap:


Pedoman Pengamatan Sikap

Kelas                            : ……………………….
Hari, Tanggal     : ……………………….
Pertemuan Ke-    : ……………………….
Materi Pokok                 : ……………………….

No
Nama
Peserta
 Didik
Aspek Penilaian
1
2
3
4
5
6
7
8































Keterangan:
1. Iman dan taqwa         4. Tanggung jawab          7. Santun/Sopan
2. Jujur                5. Toleransi           8. Percaya diri
3. Disiplin                      6. Gotong royong

Skor penilaian menggunakan skala 1 – 4, yaitu :
o   Skor 1 apabila peserta didik tidak pernah sesuai aspek sikap yang dinilai
o   Skor 2 apabila peserta didik kadang-kadang sesuai aspek sikap yang dinilai
o   Skor 3 apabila peserta didik sering sesuai aspek sikap yang dinilai
o   Skor 4 apabila peserta didik selalu sesuai aspek sikap yang dinilai


b.   Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Teknik  penilaian  kompetensi pengetahuan menggunakan tes tertulis dengan bentuk uraian dan penugasan. Instumen tes uraian menggunakan Uji Kompetensi 1.1 di halaman 11. Sedangkan penugasan yaitu peserta didik mengerjakan Aktivitas 1.1 di halaman 6 sebagai pekerjaan  rumah.
c.   Penilaian Kompetensi Keterampilan
Penilaian  kompetensi keterampilan menggunakan teknik portofolio untuk menilai hasil telaah Pancasila sebagai dasar  negara. Instrumen portofolio mencakup aspek penyajian dan laporan hasil telaah. Contoh intrumen penilaian portofolio dapat menggunakan format  penilaian  Lembar Penilaian
Penyajian dan Laporan Hasil telaah di bagian 1.


Pertemuan Ke 2
a.    Penilaian Kompetensi Sikap
Teknik  penilaian  kompetensi sikap dapat menggunakan  observasi, penilaian diri,  penilaian antarpeserta didik, atau  jurnal. Hasil penilaian akan lebih baik apabila menggunakan teknik  penilaian yang bervariasi. Sehingga hasil penilaian lebih obyektif, karena setiap teknik memiliki kelebihan dan kekurangan. Penilaian ini berlangsung secara terus menerus selama proses pembelajaran. Format penilaian sikap yang digunakan adalah sbb:


Pedoman Pengamatan Sikap

Kelas                            : ……………………….
Hari, Tanggal     : ……………………….
Pertemuan Ke-    : ……………………….
Materi Pokok                 : ……………………….

No
Nama
Peserta
Didik
Aspek Penilaian
1
2
3
4
5
6
7
8































Keterangan:
1. Iman dan taqwa         4. Tanggung jawab          7. Santun/Sopan
2. Jujur                5. Toleransi           8. Percaya diri
3. Disiplin                      6. Gotong royong

Skor penilaian menggunakan skala 1 – 4, yaitu :
o   Skor 1 apabila peserta didik tidak pernah sesuai aspek sikap yang dinilai
o   Skor 2 apabila peserta didik kadang-kadang sesuai aspek sikap yang dinilai
o   Skor 3 apabila peserta didik sering sesuai aspek sikap yang dinilai
o   Skor 4 apabila peserta didik selalu sesuai aspek sikap yang dinilai

b.    Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Teknik  penilaian  kompetensi pengetahuan menggunakan tes tertulis dengan bentuk uraian dan penugasan.
c.    Penilaian Kompetensi Keterampilan
Penilaian  kompetensi keterampilan menggunakan teknik portofolio untuk menilai hasil telaah tentang kedudukan Pancasila sebagai pandangan hidup Instrumen portofolio mencakup aspek penyajian dan laporan hasil telaah.

Pertemuan Ke 3
a. Penilaian Kompetensi Sikap
Teknik  penilaian  kompetensi sikap dapat menggunakan  observasi, penilaian diri,  penilaian antarpeserta didik, atau  jurnal. Hasil  penilaian akan lebih baik apabila menggunakan teknik  penilaian yang bervariasi. Sehingga hasil penilaian lebih obyektif, karena setiap teknik memiliki kelebihan dan kekurangan. Penilaian ini berlangsung secara terus menerus selama proses pembelajaran. Format penilaian sikap yang digunakan sama dengan format penilaian sikap pada pertemuan 1

b. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Teknik  penilaian  kompetensi pengetahuan menggunakan tes tertulis dengan bentuk uraian Uji Kompetensi 1.3 dan penugasan Aktivitas 1.3
c.   Penilaian Kompetensi Keterampilan
Penilaian  kompetensi keterampilan menggunakan teknik portofolio untuk menilai hasil telaah tentang nilai-nilai Pancasila. Instrumen portofolio mencakup aspek penyajian dan laporan hasil telaah.


Pertemuan Ke 4
a. Penilaian Kompetensi Sikap
Teknik  penilaian  kompetensi sikap dapat menggunakan  observasi, penilaian diri,  penilaian antarpeserta didik, atau  jurnal. Hasil  penilaian akan lebih baik apabila menggunakan teknik  penilaian yang bervariasi. Sehingga hasil penilaian lebih obyektif, karena setiap teknik memiliki kelebihan dan kekurangan. Penilaian ini berlangsung secara terus menerus selama proses pembelajaran. Format penilaian sikap yang digunakan sama dengan format penilaian sikap pada pertemuan 1
b.   Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Teknik penilaian kompetensi pengetahuan menggunakan penugasan mengamati perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai lingkungan.
c.   Penilaian Kompetensi Keterampilan
Penilaian  kompetensi keterampilan menggunakan teknik portofolio untuk menilai hasil pengamatan perwujudan nilai-nilai Pancasila, dan  penilaian projek kerwarganenagraan. Contoh intrumen penilaian portofolio dan  projek dapat menggunakan format penilaian  di bagian 1.






= Info Terkait =


Blog, Updated at: 10:51 AM

1 comments:

--------------------------------

JADWAL IMSAKIYAH DAN JADWAL SHOLAT

--------------------------------

--------------------------------

--------------------------------

Cek Data Guru & SKTP 2015

--------------------------------

--------------------------------

Statistik Pengunjung

-----------------------------

Followers

CB